Ad Clicks : Ad Views :
Home / Tips Menulis / 10 Tips membuat Artikel Anda Menarik dan Mudah Dibaca

10 Tips membuat Artikel Anda Menarik dan Mudah Dibaca

(Content is King) Artikel atau postingan merupakan faktor penting dalam sebuah blog. Blog akan sering dikunjungi jika setiap artikel atau postingan bisa membuat para pembaca betah atau bertahan lama untuk membacanya.

Karena akan sangat percuma jika anda memiliki ide dan isi tulisan yang bagus tapi tidak memiliki struktur bagus dalam postingan.

Berikut beberapa tips yang bisa membuat Artikel atau postingan anda menjadi nyaman dibaca pengunjung

1. Jangan buat paragraf terlalu panjang. Paragraf yang panjang akan membuat pembaca lelah membacanya. Umumnya satu paragraf bisa berisi 5-6 kalimat. Terkecuali jika artikel yang hendak anda tulisan berupa cerita.

2. Tegaskan setiap Judul tulisan dan buat sub judul jika perlu. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan penekanan pada topik yang anda tulis. Karena ide tulisan anda seketika bisa diterka dari sebuah judul yang anda tulis. Jangan lupa untuk memberikan sub judul jika postingan memaparkan sebuah konsep.

3. Mengungkapkan Sumber tulisan. Pembaca akan lebih menghargai karya anda, jika artikel yang anda tulis berasal atau mengutip dari sebuah pendapat seseorang, pendapat pakar, sumber online, referensi sebuah buku, atau dari sumber lainnya.

4. Sisipkan gambar menarik. Tampilan awal visual setidaknya akan mempengaruhi “mood” pembaca. Jangan lupa sisipkan gambar yang sesuai dengan isi dari artikel anda.

5. Internal Link Building. Jika anda pengguna wordpress self hosting, banyak sekali plugin yang akan membantu anda dalam hal ini. Diantara anda bisa menggunakan “Internal Links” “SEO Link building” dll. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan page view dari blog anda. Dan pembaca akan mudah dalam menemukan topik-topik tertentu lainnya dari blog anda.

6. Buat tegas pada kata atau kalimat tertentu. Hal ini bisa anda lakukan untuk memberikan penegasan ataupun penekanan disetiap kata atau kalimat yang anda anggap penting. Bisa menggunakan huruf tebal (Bold), huruf miring (Italic), atau garis bawah (underline).

7. Gunakan Bullet Point/nomor. Bisa anda gunakan jika dalam artikel anda memaparkan sebuah konsep atau penjelasan tertentu. Contoh

  • Cara Membuat Artikel Menarik
  • Tips memilih hosting terbaik untuk blog anda
  • Cara mudah membuat artikel pilar

8. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang berlebihan atau terkesan “alay” hal ini akan membuat pembaca meremehkan anda. Cek dahulu setiap detail kalimat dalam paragraf, bisa dengan membacanya berulang-ulang.

9. Cek Grammar jika menggunakan bahasa asing. Hal ini sangat penting. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu menggunakan Google Translate, di grammarly.com spellcheckplus.com dan situs lainnya.

10. Cek kembali tulisan adan sebelum dipublish. Ini point penting yang harus anda lakukan. Biasakanlah membaca kembali artikel yang telah anda tulis beberapa kali untuk meyakinkan bahwa tidak ada kesalahan.

Itulah 10 Tips bagaimana membuat artikel yang menarik dan mudah dibaca. Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *