Ad Clicks : Ad Views :
Home / Tips Menulis / 4 Gaya Dalam Menulis Blog Yang Perlu Anda Ketahui

4 Gaya Dalam Menulis Blog Yang Perlu Anda Ketahui

Sytle atau Gaya Dalam Menulis Blog – Saya yakin kita semua sepakat bahwa kegiatan “menulis” merupakan sebuah kegiatan inti dalam ngeblog. Karena bukan ngeblog namanya jika kita tidak menulis. Bagus tidaknya sebuah blog juga bisa dilihat dari seberapa menarik artikel dalam blog tersebut. Oleh karena itu kegiatan menulis merupakan sebuah kegiatan yang wajib untuk kita pelajari jika kita memutuskan untuk ngeblog.

Menulis dalam sebuah blog sama pentingnya seperti jantung bagi tubuh manusia. Manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya jantung dalam tubuhnya. Kembali ke kegiatan menulis, dalam menulis pun setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing. Itulah yang membuat disetiap blog pasti mempunyai keunikannya sendiri. Jika kita perhatikan, pada umumnya ada beberapa style atau gaya seseorang dalam menulis. Dan berikut gaya menulis yang umum digunakan :

Gaya Menulis Formal

Gaya menulis seperti ini bisa banyak kita temukan di beberapa blog yang biasanya membahas seputar dunia ilmiah, blog berita, maupun situs jurnalisme. Gaya penulisan seperti ini biasanya ditunjukan kepada para pembaca yang memiliki intelektual tinggi dengan banyaknya istilah-istilah yang jarang ditemukan.

Gaya Menulis Bercakap-cakap/Mengobrol

Gaya menulis seperti ini merupakan gaya menulis yang banyak digunakan oleh blogger termasuk saya pribadi. Gaya menulis seperti ini mudah digunakan. Karena kita menulis seperti apa yang ingin atau sedang kita bicarakan. Namun mungkin sedikit kekurangannya adalah mengenai tata bahasa yang sedikit kurang jelas dan benar.

Gaya Menulis Bebas

Gaya menulis seperti ini merupakan gaya menulis yang tidak terikat dengan aturan Ejaaan Yang Disempurnakan (EYD), tata bahasa yang baku, dan aturan lainnya. Gaya menulis yang memberikan kebebasan dalam mengungkapkan semua dan apa saja yang ada dipikirannya. Gaya menulis seperti ini menjadi sangat “riskan” jika kita tidak hati-hati.

Gaya Menulis “ALAY”

Seiring perkembangan psikologis dari zaman ke zaman, gaya menulis seperti ini saat-saat sekarang tidak  sedikit dapat kita jumpai dibeberapa blog. Gaya menulis seperti ini muncul umumnya kepada para remaja yang baru saja mengenal dunia tulis menulis atau blogging. Bagi saya, tulisan dengan gaya seperti ini tidak harus menjadi masalah selama apa yang ditulis masih bisa dipertanggung jawabkan. Gaya menulis seperti ini biasanya bisa kita temukan pada tulisan-tulisan remaja yang menulis cerita dan pengalaman pribadinya seperti “Diary”.

Semua gaya dalam menulis itu baik dan tidak ada yang buruk. Selama masih sesuai dengan topik dan tema dan tentunya sesuai dengan terget pembaca kita. Kepada siapa tulisan kita nantinya akan diarahkan itu juga bisa menjadi pertimbangan dalam gaya menulis nantinya. So, Gaya menulis seperti apakah anda ?

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *