Ad Clicks : Ad Views :
Home / Blogging Tips / 4 Kesalahan Dalam Menulis Blog

4 Kesalahan Dalam Menulis Blog

4 Kesalahan dalam menulis Blog – Blog adalah sebuah media untuk menyampaikan segala bentuk informasi melalui sebuah tulisan. Sayangnya banyak para blogger gagal bahkan frustasi dalam menulis informasi yang ingin disampaikan. Hal ini berimbas pada banyaknya blogger yang akhirnya “mengundurkan diri” dari dunia blogging.

Berangkat dari hal tersebut, banyak hal yang perlu diperhatikan agar semua informasi yang ingin disampaikan bisa ditulis dengan cara yang baik dan dan membuat kegiatan menulis sendiri menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Berikut beberapa kesalahan utama yang perlu dihindari bagi para blogger ketika hendak membuat tulisan atau artikel.

  1. Tidak Memberikan Informasi Yang Tegas

Hendaknya jika kita ingin menyampaikan sebuah informasi, kita harus memiliki data yang valid dan fakta yang akurat. Dengan itu akan membuat tulisan kita menjadi lebih informatif dan kaya akan pengetahuan. Hindari menulis tanpa anda tahu apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan. Terlebih lagi jika artikel yang anda tulis berisi informasi penting dan banyak diketahui orang.

  1. Terlalu banyak Istilah Yang Membingungkan

Ada kalanya tulisan kita disisipi dengan beberapa istilah-istilah penting yang membuat artikel kita lebih dimengerti oleh pembaca. Namun menggunakan istilah-istilah yang terlalu banyak dan berlebihan akan membuat artikel anda terlihat membingungkan, terlebih lagi jika terlalu banyak.

  1. Menggunakan Bahasa Yang “Alay”

Kita sepakat, bahwa blog adalah sebuah “wadah” yang kita bisa gunakan untuk menyampaikan segala macam bentuk informasi selama tidak melanggar aturan hukum dan norma yang berlaku. Kita bisa menyampikannya dengan gaya bahasa yang kita inginkan bagaimana pun itu. Kendati demikian, adakalanya kita menggunakan tata bahasa yang baku dan baik tidak “alay” dan berlebihan agar informasi yang kita sampaikan bisa lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Disamping itu, gaya bahasa dalam tulisan kita juga akan mencerminkan kedewasaan dan wawasan penulisnya di mata pembacanya.

  1. Tidak Memberikan Penegasan Akan Hal Penting Dalam Tulisan

Jika ada beberapa point penting yang ingin kita sampaikan kepada pembaca, sebaiknya beri penegasan agar kata-kata penting tersebut bisa terlihat dan terbaca jelas. Kita bisa membuatnya“Bold” atau tebal tulisannya atau memberikan tanda tertentu agar pembaca bisa menangkap point penting yang ingin kita sampaikan.

Buatlah kegiatan menulis menjadi kegiatan yang menyenangkan. Hal ini akan membuat apapun yang kita tulis bisa diterima oleh pembaca. Dan cobalah menulis seakan kita sedang berbicara, dan lihat hasilnya. Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *