Ad Clicks : Ad Views :
Home / Tips Menulis / 5 Cara Efektif Membuat Paragraf Pembuka Yang Menarik Pengunjung

5 Cara Efektif Membuat Paragraf Pembuka Yang Menarik Pengunjung

Bagian TERPENTING kedua setelah judul pada artikel adalah Paragraf Pembuka. Betapa pentingnya paragraf pembuka sehingga Eugene Schwart seorang ahli copywriter bisa menghabiskan waktu hingga seminggu lamanya hanya untuk membuat paragraf pembuka.

Coba bayangkan jika artikel unggulan anda tidak dibaca seluruhnya oleh pengunjung hanya karena paragraf pembuka anda tidak begitu menarik pengunjung untuk membaca, pastinya sangat disayangkan dan mengecewakan.

Ibarat sebuah rumah, paragraf pembuka merupakan pintu bagi pengunjung untuk memasuki keseluruhan isi rumah anda (keseluruhan artikel) dan senang hati membacanya.

Bagaimana cara membuat paragraf pembuka yang dapat menarik perhatian pengunjung ? berikut 5 cara mudah dan efektif untuk membuatnya :

1. Ajukanlah Pertanyaan

Membuka awal artikel dengan sebuah paragraf pertanyaan merupakan langkah efektif untuk membangun komunikasi atau engagement antara anda dengan pengunjung.

Karena dengan sebuah pertanyaan yang diajukan dapat membuat komunikasi dua arah yang sangat efektif.

2. Berikan Anekdot atau Quote

Anekdot merupakan sebuah cerita lucu yang akan membuat pembaca tertawa. Dengan menyajikan anekdot di awal paragraf akan memancing mereka untuk mengetahui lebih lanjut isi dan point dari artikel anda.

Sedangkan menyajikan sebuah Quote dari seseorang yang terkenal akan memberikan sebuah proof untuk menjadi umpan bagi pembaca.

3. Membuka Pikiran atau Ingatan Pembaca

Mengawali paragraf dengan membuka pikiran atau ingatan pembaca juga bisa menjadi cara yang ampuh. Cara ini dapat anda lakukan dengan menggunakan kata-kata seperti “Bayangkan…” “Apa Jadinya…” “Apakah anda ingat saat….” dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Perumpamaan atau Analogi

Membuat perumpamaan atau analogi dari suatu hal yang penting atau sesuatu yang nyata dikehidupan sehari-hari, akan memudahkan pembaca memahami apa poin utama dari artikel anda. Selain itu cara ini dapat menyederhanakan konsep yang sulit.

5. Tampilkan Data Yang Aktual Dan Mengejutkan Pembaca

Membuka artikel anda dengan sebuah data yang mengejutkan, merupakan teknik yang sangat efektif dan luar biasa. Misal sebuah data (blog anda mendapatkan pengunjung hingga 1.000 per hari hanya dalam 1 bulan).

Selama data tersebut benar dan tidak dibuat-buat, maka pembaca akan senang dan semakin penasaran dengan isi dari artikel anda. Karena data tersebutlah yang sangat dibutuhkan oleh blogger dan pemula.

Dengan kelima cara tersebut diatas, anda dapat menggunakan salah satu atau bahkan menggabungkan beberapa cara diatas untuk membuat paragraf pembuka dari artikel anda. Saya sendiri pun sesekali menggunakan beberapa cara diatas untuk membuat artikel pilar di beberapa blog otoritas milik saya.

Sebagai penutup, dari kelima cara diatas cara mana yang saya gunakan untuk artikel ini ?

Inspirasi Artikel > 5 Simple Ways to Open Your Blog Post with a Bang

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *