Ad Clicks : Ad Views :
Home / Tips Menulis / 5 Kebiasaan yang Saya Lakukan untuk Meningkatkan Kualitas Tulisan Saya

5 Kebiasaan yang Saya Lakukan untuk Meningkatkan Kualitas Tulisan Saya

Sebuah pepatah bijak mengatakan :
“Hari ini harus lebih dari kemarin, dan besok harus lebih baik dari hari ini”

Setidaknya pepatah diatas menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk selalu meningkatkan kualitas tulisan saya dari hari ke hari.

Saya sadar, saya bukanlah William Shakespeare dan juga bukan JK Rowling yang hasil tulisannya menjadi inspirasi dan dikenal sebagai penulis hebat. Tidak, saya bukan mereka.

Oleh karenanya, saya selalu belajar dan mengevaluasi hasil tulisan saya khususnya di blog. Dan saya sadar betul bahwa masih banyak hal yang perlu saya perbaiki untuk meningkatkan kualitas tulisan saya sendiri.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tulisan saya, ada kebiasan yang mulai saya lakukan dan berusaha untuk konsisten menjalankannya.

Setidaknya ada 5 kebiasaan yang mulai dan telah saya lakukan untuk meningkatkan skil menulis saya, dan semoga bisa menjadi referensi dan informasi bermanfaat untuk Anda.

1. Mengunjungi lebih banyak blog-blog yang sudah terkenal

Tidak hanya sekedar mengunjungi, saya akan lebih sering membaca artikel-artikel para penulis hebat di blog tersebut dengan harapan mendapatkan banyak inspirasi dan ilmu yang bisa saya terapkan.

Jika hanya sekedar mengunjungi bagi saya itu mudah, namun untuk membaca secara rutin artikel atau kontennya, merupakan kebiasaan yang harus rutin saya lakukan.

2. Lebih banyak lagi membaca buku

Saya meyakini betul bahwa buku merupakan kunci dari pintu ilmu. Namun jika buku itu kunci, tapi kita tidak membuka pintunya, sama juga bohong. Apalah arti sebuah buku jika tidak dibaca, betul kan ?

Jika saat ini saya mempunyai kebiasan untuk menghabiskan 1-2 buku per bulan, maka untuk meningkatkan lagi kualitas tulisan saya, maka saya akan menambah 2-3 buku tiap bulannya yang saya baca. Tidak harus buku-buku yang tebal, yang terpenting adalah sesuai dengan minat saya.

3. Membuat Ebook tiap bulan

Dalam dunia blogging dan bisnis online, maka kita tidak akan pernah lepas dengan Ebook. Sebuah buku elektronik yang bisa didownload dan dibaca secara online.

Alasan terbesar saya membuat ebook setiap bulannya tidak hanya sekedar membagikan ilmu dan pengalaman yang saya miliki. Lebih dari itu, dengan terbiasa menulis dan membuat ebook, maka saya yakin kualitas tulisan saya akan meningkat tiap harinya.

4. Kebiasaan Mengevaluasi

Jujur saja, ada beberapa hasil tulisan saya baik berupa postingan blog ataupun ebook yang jarang saya evaluasi berulang-ulang.

Inilah kebiasaan yang kurang baik yang perlu saya rubah. Mengevaluasi berulang-ulang hasil tulisan saya akan membuat saya terbiasa untuk mengamati dan mengkoreksi hal-hal teknis atau non teknis yang perlu diperbiki atau ditingkatkan dalam tulisan saya.

5. Kebiasaan melakukan riset sebelum menulis

Saya meyakini bahwa tulisan yang dibuat tanpa melakukan riset, hasilnya tidak akan sebagus dengan tulisan yang dibuat berdasarkan riset. Karena riset akan membantu kita dalam membuat mapping tulisan.

Saya terbiasa melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat postingan atau ebook. Walau hanya riset sederhana atau sekedar Brainstroming, setidaknya jika kebiasaan ini dilakukan maka kita akan mudah dalam membuat alur dan mapping tulisan secara berurutan.

Riset yang biasa saya lakukan adalah dengan memikirkan atau membuat note tentang masalah-masalah yang biasa dihadapi oleh audience saya, dan menuliskan solusinya berdasarkan pengalaman.

Demikian 5 kebiasaan yang akan dan telah saya lakukan dalam rangka mengingkatkan kualitas dari tulisan saya.

Dalam sebuah buku The Power of Habit, orang-orang yang telah sukses, mereka mendapatkan kesuksesannya dengan memulai dari kebiasaan atau habit yang baik dan unik.

Start from small habits to get something big.     

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *