Ad Clicks : Ad Views :
Home / Blogging Tips / 7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Berbahasa Indonesia

7 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Berbahasa Indonesia

Apakah anda merasa memiliki skill bahasa inggris yang kurang ? lalu anda memutuskan untuk ngeblog menggunakan bahasa Indonesia dan anda tidak tahu dengan cara apa memonetasi blog bahasa Indonesia anda. Saya rasa anda tidak perlu khawatir, beragam cara bisa anda lakukan untuk memonetasi blog anda dan menghasilkan uang dari sana. Dan Faktanya, banyak blogger Indonesia yang saya kenal memiliki penghasilan yang tak kalah dengan blog berbahasa inggris.

Menurut pengalaman saya, sejak saya memutuskan untuk ngeblog pada tahun 2012, setidaknya ada 7 cara yang bisa anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari blog bahasa Indonesia. Berikut  saya uraikan dibawah ini.

  1. Memasang Iklan PPC

PPC  (Pay Per Click) ada sebuah model menghasilkan uang yang ditentukan dari jumlah visitor yang mengklik iklan. Cara ini mengharuskan anda mendaftar atau bergabung sebagai Publisher  di sebuah Network Layanan Iklan PPC . Saya pernah bergabung menjadi Publisher di KlikSaya.com. Saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak Situs PPC yang bisa menjadi cara  bagi anda untuk mendapatkan uang seperti KumpulBlogger.com, Id Blog Network, Adplus, AdsenseCamp, AdStar, PPCIndo.com.

Mudahnya jika menggunakan metode ini adalah anda tidak perlu repot mencari-cari pengiklan, karena jika anda telah disetujui menjadi publisher, penyedia PPC akan menyediakannya untuk anda. Tugas anda hanya datangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog anda, karena semakin banyak pengunjung maka semakin besar peluang iklan tersebut diklik.

Namun metode ini pun memiliki kesulitan sendiri, disamping proses pendaftaran yang cukup sulit karena blog/website yang anda daftarkan akan diseleksi secara detail, proses pembayarannya pun membutuhkan waktu rata-rata 30 hari tergantung dari masing-masing penyedia PPC.

  1. Menyediakan Space Iklan Mandiri

Metode ini adalah dimana anda bisa mendapatkan uang dengan menyediakan atau menyewakan space tertentu dalam blog atau website anda. Umumnya space yang disediakan bisa untuk banner yang berukuran 300×300, 125×125, dan 700×90 tergantung dari desain blog anda. Bagi saya sendiri, metode yang satu ini menjadi favorit saya. Karena uang yang dibayarkan oleh pengiklan akan langsung diterima oleh kita tanpa ada minimal waktu tertentu atau melalui pihak ketiga. Untuk biaya iklan pun anda bisa menentukannya sendiri tergantung dari berapa banyak jumlah pengunjung.

Dengan metode ini, sahabat saya seorang Blogger asal Makasar bisa menghasilkan lebih dari 10juta tiap bulannya. Kenapa ? pengunjung blognya sendiri bisa mencapai 100.000 pengunjung.

  1. Program Affiliasi

Sebuah program atau metode mendapatkan uang dengan memasarkan produk orang lain atau yang bisa kita sebut “komisi”.  Metode yang satu ini merupakan salah satu metode yang paling saya sukai. Karena anda tidak perlu direpotkan oleh pembuatan produk. Hal yang perlu anda lakukan hanya mendaftar sebagai Affiliate (yang kebanyakan Gratis) dan anda akan mendapatkan sebuah “Link” khusus yang anda gunakaan untuk promosi.

Selain itu, data pengunjung yang membeli produk yang kita tawarkan bisa kita lihat melalui data statistik yang biasanya telah disediakan oleh pemilik produk. Jadi kita bisa menganalisa dan melihat berapa banyak yang membeli dari pengunjung yang datang.

Namun sama halnya dengan PPC, sistem Affiliasi biasanya menerapkan waktu dan minimal komisi tertentu untuk bisa mencairkan ke rekening kita. Di Indonesia sendiri, sudah banyak situs marketplace baik produk fisik maupun produk digital yang menggunakan sistem Affiliasi seperti Lazada.co.id dan Ratakan.com.

  1. Menjual Buku Fisik atau Buku Digital (Ebook)

Jika anda seorang penulis atau memiliki hobi menulis, maka cara yang satu ini bisa anda jadikan alternatif untuk bisa mendapatkan uang. Anda bisa menjual buku anda sendiri baik buku fisik maupun buku digital atau Ebook. Mudahnya lagi jika anda bisa menjual buku digital, anda tidak perlu direpotkan oleh penerbitan dan pencetakan buku anda. Karena yang anda butuhkan hanyalah merubah format dari MS.Word ke format PDF.

Disamping itu, anda pun bisa menentukan sendiri harga dari buku anda dan tidak ada potongan dari penerbit. Tapi yang perlu anda perhatikan bahwa buku yang anda tulis bisa menyelasaikan masalah bagi pembacanya.

  1. Menyediakan Jasa Tertentu

Jika anda memiliki keahlian tertentu maka anda bisa mendapatkan uang dengan menawarkan jasa melalui blog anda. sebagai contoh, jika anda memiliki keahlian dibidang Web desain atau Desain Grafis anda bisa memposting artikel-artikel diblog anda yang berhubungan dengan keahlian anda. Anda juga bisa memposting beberapa karya-karya dari keahlian anda.

  1. Dropshipping atau Reseller

Dropship adalah metode dimana anda menjual produk fisik dari seorang atau beberapa Supplier tanpa anda harus membelinya terlebih dahulu. Keuntungan yang anda dapatkan adalah dari selisih harga supplier dengan harga beli oleh konsumen.

Detailnya, Produk A, Supplier menjualnya dengan harga 100 ribu, lalu anda menjualnya dengan harga 120 ribu, maka selisih harga sebesar 20 ribu itulah yang akan menjadi keuntungan anda pribadi. Itu baru dari 1 pembeli, bagaimana jika 100 pembeli tiap harinya.

Lain halnya dengan Reseller, metode ini mengharuskan anda membeli dahulu produk yang  akan anda jual dipasaran sebagai stok. Untungnya metode ini, anda bisa langsung mengontrol sendiri stok yang tersedia jadi anda tahu kapan stok tersedia dan kapan stok habis. Sehingga kecepatan pelayanan penjualan anda terjamin.

  1. Menjual Produk Fisik atau Online Shop

Mungkin anda tidak asing lagi dengan Lazada, Zalora, Blibli.com, dan lain sebagainya. Yup, mereka merupakan situs-situs marketpalce yang menjual beraneka macam produk fisik yang berhubungan dengan fashion, elektronik, maupaun Peralatan rumah tangga.

Hal ini bisa anda lakukan pada blog anda. Tulis postingan yang berhubungan produk yang anda jual. Tulis keuntungan bagi pembeli jika membeli dari blog anda. Lalu informasikan Contact center anda jika ada pembeli yang membutuhkan respon cepat.

Salah satu teman saya, blogger asal Jakarta sekarang memiliki omset hingga 20juta perbulan hanya dengan menjual Tas buatan konveksi melalui blog yang dibuatnya.

Pada akhirnya, jika anda mengalami kesulitan dalam pembuatan blog berbahasa inggris, maka blog berbahasa indonesia bisa menjadi alternatif. Dan anda tidak perlu khawatir bagaimana caranya anda bisa mendapatkan uang, karena dari ke tujuh cara yang saya jelaskan diatas bisa anda jadikan cara buat anda. pada akhirnya, semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *