Blogging Tips 7 manfaat mempunyai blog

Published on March 21st, 2018 | by Agus Maulani

1

7 Keuntungan dan Manfaat Jika Anda Mempunyai blog

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan komunikasi saat ini berkembang sangat pesat dan menuju era digitalisasi. Jika dahulu orang-orang berkomunikasi hanya melalui surat, dimana pesan yang ingin disampaikan membutuhkan waktu untuk sampai ke penerimanya. Namun kini hanya dalam hitungan detik saja pesan dapat diterima.

Salah satu kemudahan dalam berkomunikasi saat ini adalah dengan media internet. Dan salah satu bentuk komunikasi yang dirasa sangat efektif untuk menyampaikan segala macam pesan adalah dengan media Blog atau Website.

Blog berkembang dari dulunya hanya untuk sekedar menjadi “diary online” namun kini berkembang seiring manfaat dan keuntungan yang didapatkan jika seseorang memiliki sebuah blog atau website.

Ditambah lagi dengan kemudahan yang didapatkan untuk membuat sebuah blog atau website. Mulai dari banyaknya jenis platform yang bisa digunakan, juga banyaknya provider layanan blog yang memberikan layanan blognya secara gratis.

Lalu apa keuntungan atau manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang mempunyai sebuah blog ? saya rasa jika anda tahu apa manfaatnya, maka kegiatan blogging (istilahnya : ngeblog) akan menjadi menyenangkan.

1. Personal Branding

Poin ini sangat saya rasakan manfaatnya. Dengan membuat dan membangun sebuah blog, lalu mengisi konten-konten pada blog anda dengan topik yang anda sukai dan kuasai, maka orang-orang secara tidak langsung akan menilai anda memiliki kemampuan dan keahlian di topik yang anda bahas tersebut.

Salah satu contoh adalah, jika anda menyukai dunia bisnis dan membuat blog bertopik bisnis, lalu anda rutin mengisi setiap konten di blog anda dengan konten-konten bisnis yang bermanfaat, maka pengunjung dan pembaca blog anda akan menilai anda sebagai “ahli” dalam bidang bisnis. Begitupun dengan topik-topik yang lainnya.

Dan yang tidak kalah penting dari Personal Branding yang anda bangun dari sebuah blog adalah secara tidak langsung anda akan menjadi “Influencer” yang akan memberikan keuntungan tambahan.

2. Menjadi Sumber Pendapatan (Menghasilkan Uang dari Blog)

Bisa mendapatkan uang dari Blog (istilahnya : Make Money Blogging) dan menjadi sumber pendapatan, saya rasa menjadi alasan terbesar bagi seseorang dalam membuat blog saat ini. Namun tidak semua orang juga memiliki motivasi seperti itu, mungkin memang ada yang hanya ingin menyalurkan hobi dan sejenisnya.

Dengan membangun sebuah blog anda juga dapat menghasilkan uang, dan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Salah satu caranya anda buat sebuah blog, lalu isi konten-konten pada blog tersebut dengan tema yang spesifik dan unik tentunya, lalu disela-sela konten anda tersebut dapat anda sisipkan penawaran-penawaran khusus atau menjual sesuatu yang berhubungan dengan konten blog anda.

Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog :

  1. Program Affiliasi : anda akan memperoleh pendapatan dengan menjadi “calo” atau “makelar” dari produk orang lain. Umumnya produk-produk yang berbentuk digital. Anda menawarkan produk orang lain, dan mendapatkan komisi setiap adanya penjualan.
  2. Iklan Mandiri : Jika blog anda sudah memiliki pengunjung yang banyak dan bervariasi, maka bisa anda manfaatkan dengan menyewakan beberapa “space” kosong dalam blog anda untuk para pengiklan. Uniknya, anda sendirilah yang menentukan harganya.
  3. Menjual Produk Digital : Punya keahlian tertentu ? atau skil yang bermanfaat dan jarang dimiliki oleh orang lain ? hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri untuk anda. Buatlah ebook, video training, kursus online, dan lain sebagainya yang bisa ditawarkan di blog anda.
  4. Layanan Jasa : anda bisa menawarkan sebuah jasa tertentu pada blog anda. Seperti jasa pembuatan webiste, jasa menulis artikel, dan lain sebagainya.

3. Build a Network

Kenal Robert kiyosaki ? beliau pernah berkata seperti ini

“The richest people in the world build networks. Everyone else looks for work”

Yes, dengan membuat dan membangun sebuah blog secara tidak langsung anda mulai membangun sebuah network atau komunitas baru yang dapat memberikan keuntungan untuk anda.

4.Help Other People

Bagaimana rasanya jika salah satu masalah anda terselesaikan dengan bantuan orang lain ? Yup, itulah yang dirasakan pembaca blog anda jika konten-konten anda membantu menyelesaikan masalah mereka.

Blog dikatakan bagus dan berkualitas dinilai dari seberapa banyak kontennya bisa menyelesaikan masalah orang lain. Memberikan konten bagaimana menghasilkan uang dari internet, membantu orang-orang yang ingin turun berat badan dan lain sebagainya.

5. List Building

Dengan mempunyai blog, anda juga dapat mengumpulkan database email pembaca anda. Dimana list tersebut bisa anda gunakan untuk menawarkan secara personal produk-produk yang sedang anda jual.

“Social media is effective to grow your business, but email more than it”

6. Learn and Improve Your Skill

Sebagian orang dimudahkan dalam membuat blog atau website saat ini dengan platform WordPress salah satunya. Namun dengan membangun sebuah blog secara tidak langsung anda akan belajar dan mengasah kemampuan-kemampuan yang lainnya seperti menulis, HTML, CSS, dan juga SEO. dan kemampuan seperti inilah yang akan menjadi “value” pengetahuan anda kedepannya.

7. Build Your Own Market

Mempunyai blog dan memiliki pengunjung atau pembaca setia yang loyal dan selalu menunggu konten-konten terbaru dari anda akan membuat sebuah “market” tersendirinya untuk anda.

Anda tidak lagi bingung kemana produk anda ditawarkan. Merekalah yang akan menjadi “hot market” dari setiap penawaran anda. Dan yang tidak kalah penting adalah membangun kepercayaan mereka secara online terhadap diri anda.

Last But Not Least

Saat ini blog tidak lagi menjadi sarana tulis menulis dan berkomunikasi secara online, lebih dari itu, blog bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan untuk kehidupan anda.

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana cara membuat blog itu sendiri ? anda bisa membaca sebuah artikel lengkap dan terbaik : Bagaimana Cara Membuat Blog di WordPress

Dari ke 7 manfaat dan keuntungan mempunyai blog diatas, mana yang anda rasakan saat ini ?

Tags: , , , ,


About the Author

Founder www.maulaniagus.com, seorang Praktisi SEO, Facebook Marketer, juga Blogger. Memulai bisnis di internet sejak tahun 2013 dengan menjadi Publisher di Google Adsense. Hubungi Agus di Halaman Kontak.



One Response to 7 Keuntungan dan Manfaat Jika Anda Mempunyai blog

  1. cunt says:

    Someone essentially help to make severely articles I might state.

    This is the very first time I frequented your web page and thus
    far? I amazed with the analysis you made to create this actual publish amazing.
    Fantastic job!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑