Ad Clicks : Ad Views :
Home / Dasar Ngeblog / 7 Tips Memilih Layanan Hosting

7 Tips Memilih Layanan Hosting

Bagi Anda pebisnis online, suka atau tidak suka web hosting merupakan salah satu kunci vital dalam bisnis Anda. Dimana Web Hosting menjadi tempat semua data-data baik gambar, video, artikel pada website Anda tersimpan.

Karena pentingnya sebuah Web Hosting untuk website Anda, maka memilih provider layanan hosting yang bagus merupakan syarat mutlak agar website Anda bisa berjalan tanpa kendala dan dapat diakses oleh semua orang.

Pada umumnya layanan hosting terbagi menjadi 2 (dua), layanan hosting gratis, dan layanan hosting berbayar. Saya pribadi memilih layanan hosting berbayar dikarenakan fitur-fitur yang saya butuhkan ada disana dan tidak ada di layanan hosting gratisan.

Tidak hanya fitur yang menjadi pertimbangan saya memilih layanan hosting berbayar, karena saya banyak mendapatkan informasi, jika menggunakan layanan hosting gratisan, banyak masalah yang sering terjadi. Seperti website tidak bisa diakses, limit bandwith yang habis, hingga layanan customer service yang kurang responsif.

Namun kini yang saya rasakan, memilih sebuah layanan hosting tidak semudah seperti dulu, karena banyaknya provider atau penyedia layanan hosting yang memberikan beragam penawaran dan layanan yang menggiurkan.

Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih sebuah layanan hosting untuk setiap bisnis saya. Dan tentunya bisa berguna dan menjadi referensi untuk Anda.

1. Beberapa teman sudah menggunakannya terlebih dahulu

Tentunya Anda akan berpikir bahwa hal ini sama saja dengan testimoni dari orang-orang yang sudah menggunakan layanannya terlebih dahulu. Namun sedikit berbeda, saya akan bertanya ke beberapa teman saya apakah ada yang sudah menggunakan penyedia layanan hosting tersebut atau belum.

Saya tidak menganggap bahwa setiap testimoni itu tidak benar, tentunya semakin banyak orang yang senang dengan layanannya, maka provider tersebut bisa dikatakan bagus.

Bagi saya akan lebih yakin lagi jika ada salah satu atau beberapa teman yang saya kenal telah menggunkannya terlebih dahulu. Karena saya akan lebih “nyaman” bertanya jika ada pertanyaan atau masalah yang terjadi.

Itu sih pertimbangan saya yang pertama.

2. Kecepatan Mengakses Server

Salah satu faktor yang membuat pengunjung website Anda nyaman adalah kecepatan mengakses website Anda. Saya ingin blog atau website saya bisa diakses secara cepat tanpa loading yang lemot. Karena jika webiste Anda lambat diakses, maka pengunjung tidak akan nyaman. Dan hal ini pernah saya bahas pada artikel saya tentang cara meningkatkan pengunjung blog.

3. Bandwith

Point ini menjadi pertimbangan saya selanjutnya, karena kapasitas bandwith yang besar sangat diperlukan jika Anda memiliki website yang page views nya sangat tinggi.

Kini sudah banyak layanan penyedia hosting yang menawarkan Bandwith secara unlimited, artinya sebanyak apapun pengunjung website Anda, maka website Anda tidak akan Hang atau Down.

4. Unlimited Domain atau Website

Bagi saya pribadi yang memiliki lebih dari 1 website atau blog, fitur ini sangat saya butuhkan. Karena hanya dengan memiliki 1 (satu) akun hosting saja, saya sudah bisa membuat banyak website tanpa biaya tambahan.

Jika saya ingin membuat website baru, maka saya hanya perlu membeli domain baru lagi.

5. Harga yang ditawarkan

Bagi saya harga murah belum tentu menjamin kualitas hosting tersebut. Sehingga saya tidak akan memilih layanan hosting karena harganya yang murah. Yang terpenting adalah apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan layanan yang diberikan. Hal ini bisa saya nilai dari testimoni orang-orang yang sudah menggunakannya.

6. Layanan Customer Service

Penyedia layanan hosting yang profesional akan memperhatikan pelayanan after salesnya, yaitu customer service. Entah saat saya baru ingin berlangganan atau saat saya sudah menjadi pelangan. Apakah setiap pertanyaan dan keluhan saya direspon dengan baik atau tidak.

7. Kapasitas Disk Space

Dan point terakhir yang menjadi pertimbangan saya adalah kapasitas yang diberikan. Saya pribadi memiliki banyak website dimana rata-rata disetiap website banyak menyimpan file, seperti video, gambar, audio dan lain sebagainya.

Jika kapasitas disk yang diberikan terbatas, maka saya sulit sekali untuk berkreasi pada setiap website yang saya buat.

Namun penyedia layanan hosting lokal kini sudah banyak yang memberikan unlimited disk space.

Itulah beberapa tips dan pertimbangan saya dalam memilih sebuah layanan hosting. Bagaimana kalau Anda ? apa yang menjadi pertimbangan ? untuk provider layanan hosting dari dalam negeri saya menggunakan layanan dari HOSTINGER.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *