Ad Clicks : Ad Views :
Home / Tips Menulis / Bagaimana Mendapatkan Lebih Banyak Ide Menulis Untuk Blog

Bagaimana Mendapatkan Lebih Banyak Ide Menulis Untuk Blog

Entah sudah berapa lama Anda menjadi blogger atau menjadi penulis, pasti ada saatnya Anda akan dihadapkan dengan sebuah kendala yang sering saya sebut dengan “Writer’s Block” dimana Anda tidak tahu apa lagi yang ingin ditulis atau Anda kehabisan ide-ide untuk menulis artikel di blog.

Anda tidak sendirian.

Ribuan blogger termasuk saya juga pernah mengalami masalah Writer’s Block ini. Sayangnya banyak yang hanya diam saja menerima masalah ini tanpa mencari solusinya.

Lalu bagaimana dengan Anda ? bagaimana cara Anda mencari ide-ide untuk menulis ?

Tidak perlu khawatir, saya memiliki 7 cara sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menemukan ide-ide tulisan Anda. Dan saya yakin dengan mempraktikkannya, maka Anda tidak akan pernah kehabisan ide untuk menulis.

1. Memodifikasi judul-judul artikel blogger lain

Apakah Anda mempunyai referensi blog yang setopik dengan blog Anda milik orang lain yang sering Anda kunjungi ? entah karena blognya bagus atau Anda kenal dengan pemiliknya.  Jika iya, Anda bisa mengubah atau memodifikasi judul-judul postingan dari blog tersebut.

Ingat, dimodifikasi bukan di copy paste !

Sebagai contoh, jika blog Anda bertopik Teknologi, dan Anda sering mengunjungi blog saya ini, Anda bisa memodifikasi judul-judul postingan saya.

Dan jika blog Anda tentang dunia Teknologi, maka Anda bisa mengubah judul-judul diatas seperti berikut :

  • 7 Keuntungan dan Manfaat Jika Anda Memiliki PC Sendiri di Rumah
  • 5 Cara Menemukan Hardware dan Software Yang Sesuai Kebutuhan Anda
  • 5 Jenis Software Terbaik Dalam Hal Accounting Yang Perlu Anda Ketahui
  • Dan lain sebagainya

2. Memodifikasi judul dari artikel berita online

Jika Anda sering mengunjungi situs-situs berita seperti www.Liputan6.com , www.detik.com atau www.okezone.com maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan ide judul postingan blog Anda.

Seperti contoh pada poin yang pertama, saya menemukan beberapa judul dari media online sebagai berikut :

Dan jika blog Anda tentang kesehatan, maka judul-judul artikel dari situs berita online diatas bisa diubah menjadi ide-ide sebagai berikut :

  • Cara Mengecek Kadar Gula Dara Anda Sehabis Makan
  • 4 Jenis Penyakit Yang Jarang Diketahui Orang, Apa Saja ?
  • Cara Ampuh Terbebas Dari Penyakit Leukimia dan Sejenisnya

Mudah bukan ?

3. Merevisi judul dari buku yang Anda baca

Sedang baca buku tertentu ? Anda bisa mendapatkan ide-ide judul postingan blog Anda dari judul buku yang sedang atau telah Anda baca.

4. Blogwalking

Jika Anda sering mengunjungi blog-blog orang lain, manfaatkanlah untuk mendapatkan ide-ide segar untuk judul postingan blog Anda. Disamping Anda bisa mendapatkan Backlink dari kegiatan ini, Anda juga bisa mendapatkan ide untuk menulis.

5. Melakukan wawancara atau interview

Yes benar, Anda bisa melakukan wawancara secara online baik via email maupun via chat dengan blogger lain yang menurut Anda kisahnya bisa dijadikan inspirasi untuk pembaca blog Anda.

Saya pribadi melakukannya di blog ini, salah satu sesi wawancara saya adalah dengan Andrie Andropia, seorang internet marketer sukses menghasilkan milyaran rupiah dan menjadi salah satu mentor saya hingga saat ini. Anda bisa membaca wawancara saya dengan beliau lebih lengkap disini : [Eksklusif] Interview dengan Andrie Andropia

6. Menceritakan pengalaman pribadi Anda

Saya yakin, Anda pasti mempunyai pengalaman yang berkesan bukan ? entah saat Anda traveling atau hang out. Anda bisa menceritakan pengalaman berkesan Anda menjadi sebuah postingan di blog. Dengan ini Anda bisa berbagi pengalaman kepada orang lain.

7. Membuat tutorial atau panduan dari keahlian Anda

Punya keahlian di bidang tertentu yang Anda kuasai ? Anda dapat memanfaatkannya menjadi artikel atau postingan di blog Anda. Hal ini akan sangat menguntungkan terlebih jika tutorial atau panduan yang Anda posting dapat menyelesaikan masalah pembaca blog Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki keahlian untuk merakit atau memodifikasi PC, maka Anda bisa membuat judul postingan menjadi “Cara Merakit PC yang Benar dan Aman”

Karena konten yang bagus adalah konten yang bisa bermanfaat.

Demikian 7 cara mendapatkan ide-ide menulis untuk blog Anda. Berpikirlah secara bebas saat Anda mengubah judul-judul menjadi ide-ide artikel Anda. Jangan terlalu memikirkan kata kunci yang dibidik, buatlah postingan yang bisa bermanfaat untuk pembaca blog Anda.

That’s enough..

Selamat mencoba

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *