Ad Clicks : Ad Views :
Home / SEO / Cara Membuat Artikel SEO untuk Blog Anda

Cara Membuat Artikel SEO untuk Blog Anda

/

Cara membuat Artikel SEO – Artikel yang dioptimasi dengan SEO bertujuan agar artikel yang anda tulis bisa masuk ke halaman satu Google dan mendapatkan banyak pengunjung yang membaca artikel anda.

Namun perkembangannya Google kini lebih pintar, mesin pencari juga akan tahu mana artikel yang berkualitas dan mana artikel yang tidak berbobot atau hanya untuk menarik pengunjung saja.

Oleh karenanya membuat artikel yang berkualitas merupakan “keharusan” dan akan lebih baik lagi jika artikel yang bagus juga dioptimasi dengan SEO.

Dan pada kesempatan kali saya memberikan Cara bagaimana membuat artikel yang ramah dengan mesin pencari.

Memilih Kata Kunci (keyword) Terlebih Dahulu

Jika anda ingin membuat artikel SEO carilah terlebih dahulu keyword atau kata kunci yang akan anda bidik, tentunya kata kunci yang memiliki jumlah pencarian. Jangan memilih kata kunci yang sedikit jumlah pencariannya, atau bahkan tidak ada pencariannya sama sekali.

Anda bisa menggunakan bantuan tools gratis dari Google yaitu Google Keyword Planner untuk mencari jumlah pencariannya tiap bulan.

Namun perlu juga anda perhatikan bahwa kata kunci yang akan anda bidik harus sesuai dengan isi artikel yang akan anda tulis. Ingat, Google tidak bodoh.

Membuat Judul SEO

Langkah selanjutnya adalah membuat judul artikel, sisipkan kata kunci yang telah anda bidik dalam judul artikel anda. Contoh : jika anda membidik kata kunci “cara menghilangkan jerawat” maka anda bisa membuat judul seperti kata kunci Cara Menghilangkan Jerawat.

Atau anda dapat mensisipkan kata tambahan lainnya agar judul artikel terlihat lebih unik. Contoh : “cara sederhana menghilangkan jerawat batu” dan dengan menambahkan beberapa kata, artikel anda juga akan berpotensi masuk ke halaman satu dengan kata kunci tambahan atau long tail keyword.

Membuat Meta Tag Description

Apa itu Meta Tag Description ? singkatnya adalah sebuah deskripsi singkat yang menggambarkan keseluruhan isi artikel anda. Kenapa langkah ini penting, karena Meta Tag Description yang nantinya akan ditampilkan oleh Google sebagai deskripsi singkat dari artikel anda.

Lihatlah kotak merah pada gambar diatas, itulah Meta Tag Description yang akan tampil pada hasil pencarian Google. Dan coba anda perhatikan, kata kunci “cara menghilangkan jerawat” juga disisipkan pada Meta Tag Description, walaupun dengan judul artikel yang ditambahkan.

Lalu bagaimana membuat Meta Tag Description ?

Jika anda pengguna WordPress self hosted, maka anda bisa menggunakan bantuan Plugin untuk membuatnya. Salah satu Plugin yang dapat anda gunakan adalah All in SEO Pack.

Lihat tanda panah merah diatas, di kotak tersebutlah anda dapat membuat Meta Tag Description. Dan perlu diperhatikan juga bahwa buatlah deskripsi singkat yang panjangnya 150-160 huruf, karena jika terlalu panjang maka akan terpotong.  Dan jangan lupa juga mensisipkan kata kunci yang dibidik.

Membuat Struktur URL yang SEO

Lihat gambat dibawah pada kotak merah, itulah struktur url yang perlu dioptimasi juga. Buatlah struktur url yang mengandung kata kunci. Dan jika anda pengguna WordPress maka anda tidak perlu memikirkan hal ini, karena prinsipnya sudah dibuat untuk ramah mesin pencari. Lain halnya jika anda membuat blog dengan HTML dsb.

Membuat isi Artikel SEO

Dan untuk isi dari artikel anda, buatlah dengan spesifikasi sebagai berikut :

1. Buatlah minimal 3-4 paragraf atau minimal 300 – 500 huruf. Jangan terlalu pendek
2. Sisipkan kata kunci yang dibidik pada setiap paragraf. Umumnya sisipkan jangan lebih dari 3 kata kunci, karena nanti akan dianggap SPAM oleh Google.
3. Pada point-point terpenting buat menjadi BOLD (tebal) atau Italic (miring).
4. Agar lebih menarik, tambahkan gambar yang berhubungan dengan artikel
5. Tambahkan tautan Internal Link di artikel anda yang menuju ke artikel yang lainnya. Sehingga mambuat artikel anda yang lainnya akan mendapatkan Trafik.

Demikian Cara Membuat Artikel SEO untuk Blog anda. Setelah anda membuat artikelnya, jangan lupa untuk PROMOSI dan PROMOSI.

Semoga bermnfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *