Blogging Tips 7 Langkah Sederhana Meningkatkan Pengunjung Blog Anda

Published on April 11th, 2018 | by Agus Maulani

1

7 Langkah Sederhana Meningkatkan Pengunjung Blog Anda

Saya yakin anda pun sudah mengetahui bahwa salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah blog adalah dari berapa banyak pengunjung (bisa disebut trafik) yang datang. Meskipun masih ada faktor-faktor lainnya yang menentukan, seperti bertambahnya penghasilan, dan juga meningkatnya jumlah pelanggan email (subscriber).

Jika anda masih merasa bingung bagaimana cara meningkatkan jumlah kunjungan ke blog anda, cobalah 7 cara sederhana dibawah ini, simpel namun saya yakin akan memberikan efek baik terhadap jumlah pengunjung blog anda.

Mari kita bahas dengan secangkir teh hijau hangat diatas meja..

1. Mulailah membuat postingan/artikel yang berkualitas

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat postingan yang memberikan “kebermanfaatan” bagi pembaca. Bagi saya, salah satu faktor yang bisa menjadi penilaian bahwa postingan anda berkualitas atau tidak adalah apakah postingan anda bisa menyelesaikan masalah mereka ? That’s the point.

So, Quality Content = Solve Their Problems

2. Cek kecepatan blog anda

Anda bisa menggunakan sebuah tool online di Pingdom Website Speed Test. Luangkan waktu sejenak untuk mengecek dan mengevaluasi kecepatan blog anda, karena hal sepele seperti ini akan sangat berpengaruh pada “user experience” pengunjung anda.

Tidak sedikit pengunjung yang langsung saja meng-klik tombol close karena tampilan blog anda yang lambat dan sulit diakses.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan akses blog anda. Salah satunya adalah faktor kualitas dari layanan Hosting yang anda gunakan. Jika blog anda lambat diakses karena kualitas dari hosting yang anda gunakan saat ini, saran saya pindahkan blog anda ke penyedia layanan hosting yang handal.

Dan perlu dicatat juga, salah satu faktor dari pemeringkatan Google pada algoritmanya adalah kecepatan akses blog anda, silahkan baca sumbernya disini : https://searchengineland.com/google-now-counts-site-speed-as-ranking-factor-39708

3. Buatlah judul artikel yang menarik pembaca

Tahukah anda ? bahwa judul sebuah artikel atau postingan akan menggambarkan keseluruhan dari isi artikel tersebut.  Artinya isi dari artikel anda akan bisa dinilai dari sebuah judul.

Oleh karena itu, membuat judul artikel yang menarik pembaca merupakan cara efektif agar pengunjung tertarik untuk membaca keseluruhan dari isi artikel anda.

Bingung caranya ? cobalah sebuah langkah sederhana yang saya namakan “memodifikasi judul artikel orang lain”.

Ah… itu kan copy paste dong artinya, gak akan berbobot artikel saya.

Pendapat saya TIDAK, karena sebuah konten tergolong Plagiat adalah konten tersebut sama persis baik dari kata-katanya, dan juga isi kontennya.

Ingat, MODIFIKASI dengan pemikiran anda, bukan MENCONTEK sama persis.

4. Cobalah membidik Long Tail Keyword

Apa itu Long Tail Keyword ? sederhananya adalah kata kunci yang berekor panjang. Artinya kata kunci yang anda bidik biasanya terdiri dari 4-5 kata lebih. Contoh : “cara menghilangkan jerawat batu di wajah secara alami”

Kenapa saya menganjurkan untuk membidik Long Tail Keyword (LTK) ? karena tingkat persaingannya relatif rendah/mudah. Karena tidak banyak blogger-blogger yang membidik kata kunci tersebut, ditambah LTK yang sudah memiliki jumlah pencarian besar perbulan.

Long Tail Keyword >> Persaingan Rendah/Mudah >> Maka berpeluang besar masuk halaman 1 Google.

5. Berinteraksilah dengan pengunjung blog anda

Simpel namun akan memberikan efek sangat positif terhadap blog anda. Siapa yang tidak senang jika pertanyaannya dijawab, jika pendapatnya di hargai, atau jika emailnya dibalas. Kalau saya pasti senang, dan itulah yang dirasakan oleh pengunjung anda.

Berinteraksilah dengan mereka walau hanya sekedar membalas komentar atau menyapa mereka.

6.Share artikel anda ke sosial media

Saya yakin anda memiliki akun di Facebook ataupun Twitter, iya kan ? jika tidak berarti anda kelewatan (he..he..).

Banyak sumber yang menjelaskan bahwa jika artikel atau konten blog anda sering dibagikan di sosial media, maka Robot mesin pencari akan memprioritaskan artikel tersebut untuk tampil di halaman utama Google.

Cobalah mulai sekarang untuk membagikan Link artikel anda di setiap akun sosial media yang anda miliki, karena sekali lagi, hal ini akan memberikan signal positif kepada mesin pencari.

7. Berkunjung ke blog orang lain, dan berikan komentar yang baik

Jika anda seorang blogger, tentunya anda akan sering mengunjungi blog-blog orang lain, entah untuk mencari informasi hingga mencari backlink.

Dimoment itulah anda dapat berinteraksi dengan pemilik blog lain tentunya dengan cara yang baik agar pemilik blog tersebut tertarik mengunjungi blog anda.

Langkah ini juga bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink ke blog anda baik Dofollow maupun Nofollow.

Sebagai paragraf terakhir, ketujuh cara diatas merupakan cara sederhana dan simpel yang saya yakin bisa anda lakukan, dan akan sangat memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan jumlah kunjungan blog anda.

Selamat mencoba.

Tags: , , , ,


About the Author

Founder www.maulaniagus.com, seorang Praktisi SEO, Facebook Marketer, juga Blogger. Memulai bisnis di internet sejak tahun 2013 dengan menjadi Publisher di Google Adsense. Hubungi Agus di Halaman Kontak.



One Response to 7 Langkah Sederhana Meningkatkan Pengunjung Blog Anda

  1. Saya lebih setuju ke point ke dua om Agus..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑