Digital Marketing Memahami SEO dan SEM Dalam Digital Marketing

Published on March 28th, 2018 | by Agus Maulani

2

Memahami SEO dan SEM Dalam Digital Marketing

Jika anda baru terjun ke dunia digital marketing, anda akan menemukan pembahasan tentang SEO dan SEM. Lantas apa perbedaan yang mendasar dari kedua teknik tersebut.

Mari kita bahas bersama-sama..

SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau kita sebut dengan Optimasi mesin pencari. Sedangkan SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Lantas apa yang menjadi perbedaan dari keduanya ?

Pengertian dan Tujuan

SEO merupakan sebuah strategi atau serangkaian teknik yang dilakukan secara sitematis dengan tujuan agar website/blog kita bisa berada di halaman utama SERP (search engine result page) dengan kata kunci yang telah dibidik. Dengan tujuan agar web/blog kita bisa mendapatkan pengunjung yang bersumber dari mesin pencari, seperti Google contohnya.

Sedangkan SEM search engine marketing merupakan langkah-langkah yang dilakukan dengan bekerja sama secara langsung kepada mesin pencari, dalam hal ini contohnya Google.

Dengan tujuan yang sama seperti SEO agar web/blog kita berada di halaman utama mesin pencari guna mendapatkan trafik, namun cara yang dilakukan berbeda. SEM bekerja sama secara langsung dengan mesin pencari dengan metode iklan berbayar. Artinya pelaku SEM harus mengeluarkan “uang” agar web/blognya bisa berada di halaman utama.

SEO tujuan      : Halaman utama mesin pencari dan mendapatkan trafik

SEM tujuan     : Halaman utama mesin pencari dan mendapatkan trafik

Cara yang dilakukan

SEO sendiri merupakan teknik yang membutuhkan keterampilan menganalisa dan mengambil keputusan.  Karena SEO mengharuskan kita untuk menganalisa setiap kata kunci yang akan dibidik juga tingkat kompetisinya.

pada dasarnya ada 2 (dua) teknik yang dilakukan, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kedua teknik ini mutlak harus dilakukan dalam mengoptimasi sebuah web/blog agar mendapatkan posisi utama di mesin pencari.

SEO On Page adalah sebuah teknik SEO yang dilakukan dari dalam web/blog. Seperti bagaimana kita mengoptimasi Tag Title, Tag Description, dan juga keyword.

Sedangkan SEO Off Page merupakan salah satu teknik SEO yang dilakukan dari luar web/blog itu sendiri. Identiknya dengan Backlink (sebuah link yang menuju ke web/blog kita dari web orang lain).

Lain halnya dengan SEM, cara yang dilakukan adalah dengan membayar mesin pencari seperti Google agar menempatkan web/blog kita di halaman utamanya. Cara ini disebut dengan Pay Per Click (PPC), artinya kita akan membayar sejumlah harga tertentu dari seberapa banyak pengunjung yang meng “klik” web/blog kita. Platform yang sering digunakan adalah Google Adword.

SEO, cara yang dilakukan      : Melakukan optimasi dari dalam dan luar web/blog

SEM, cara yang dilakukan      : membayar mesin pencari agar menempatkan web/blog kita di halaman utamanya.

Kelebihan

Meskipun dengan tujuan yang sama, namun keduanya mempunyai kelebihannya masing-masing.

Seperti yang telah diulas diatas, SEO adalah teknik mengoptimasi dari dalam dan luar web/blog kita, dimana caranya perlu dilakukan sendiri oleh kita selaku pemilik web. Dan karena dilakukan sendiri oleh kita, maka umumnya tidak ada “biaya” yang diperlukan atau low cost technique.

SEO mengajarkan kita secara teknis agar dapat membuat web/blog yang ramah terhadap Robot mesin pencari dan algoritmanya. SEO juga mengharuskan mempromosikan web kita kepada web orang lain agar mendapatkan backlink. Sehingga hal-hal seperti ini akan membuat web/blog kita dapat bertahan lama di halaman utama.

Dari sisi pengunjung, dengan teknik SEO kita akan mendapatkan pengunjung yang tertarget (Targeted Traffic) karena orang-orang yang mengunjungi web/blog kita berasal dari orang-orang yang mengetikkan kata kunci di mesin pencari. Dengan kata lain orang-orang tersebut memang membutuhkan informasi tertentu yang kita sajikan.

Berbeda dengan teknik SEO yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk melihat hasilnya. SEM membuat web/blog kita bisa berada di halaman utama secara instant.

Dari sisi pengunjung, sama halnya dengan SEO, target pengunjung yang akan didapatkan merupakan hasil dari kata kunci yang telah dibidik sebelumnya. Sehingga pengunjungnya pun tertarget.

Namun berbeda jauh dengan SEO, dengan membayar iklan singkatnya, SEM membuat blog anda tampil di halaman utama mesin pencari selama anda melakukan pembayaran. Artinya hasilnya tidak permanent (tidak bayar, web tidak akan tampil).

SEO, kelebihan           : hasil permanent selama masih terus dioptimasi, low cost bahkan Gratis, dan mendapatkan pengunjung yang tertarget.

SEM, kelebihan           : hasil instant namun tidak permanent, anda bayar maka web tampil, butuh budget besar, dan mendapatkan pengunjung yang tertarget.

Kesimpulan

Sebagai akhir, saya ingin menyampaikan bahwa SEO dan SEM TIDAK digunakan untuk adanya persaingan satu sama lain. Namun SEO merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM).

Dan jika anda memutuskan untuk menjual produk secara online atau berbisnis online, maka keduanya perlu anda lakukan, dengan membuat website anda bisa tampil di halaman mesin pencari secara organik (SEO) juga dapat ditampilkan pada bagian iklannya (SEM).

Maka SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan produk anda secara online.

Tags: ,


About the Author

Founder www.maulaniagus.com, seorang Praktisi SEO, Facebook Marketer, juga Blogger. Memulai bisnis di internet sejak tahun 2013 dengan menjadi Publisher di Google Adsense. Hubungi Agus di Halaman Kontak.



2 Responses to Memahami SEO dan SEM Dalam Digital Marketing

  1. Diskartes says:

    Pertanyaan saya nih mas, kalau Blogger okelah butuh SEO untuk meningkatkan traffic ke keyword. Tapi apakah butuh SEM, sementara dia kan enggak jual produk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑