Ad Clicks : Ad Views :
Home / SEO / On-Page SEO : 8 Faktor Penting Yang Perlu Anda Perhatikan

On-Page SEO : 8 Faktor Penting Yang Perlu Anda Perhatikan

/

Dalam membangun blog maulaniagus.com jujur, saya tidak terlalu mementingkan faktor SEO, karena dalam membangun sebuah blog, faktor SEO bisa saja diaplikasikan ataupun tidak. Karena pada awal saya berencana membuat blog ini, saya akan lebih mementingkan kualitas konten dibanding faktor SEO baik On-Page maupun Off-Page.

Lain halnya dengan beberapa blog niche bahasa Inggris yang saya monetasi dengan Amazon Affiliate dan Google Adsense memang dari awal saya bangun dengan memprioritaskan faktor SEO.

Masuk kedalam faktor On-Page SEO, berikut beberapa faktor yang harus anda perhatikan untuk mengoptimasi blog anda dari dalam :

1. Meta Tag Title (Kata Kunci Pada Judul)

Faktor pertama dan yang paling penting adalah dengan meletakkan kata kunci yang dibidik pada judul. Dengan menampilkan kata kunci pada judul, akan memberikan gambaran kepada mesin pencari tentang isi dari artikel atau konten anda.

Akan berbeda jika anda meletakkan kata kunci yang dibidik pada judul blog, bukan judul artikel. Anda bisa menggunakan beberapa plugin gratis seperti All in One SEO Pack atau SEO by Yoast.

Kata kunci pada judul bisa anda letakkan diawal dari judul anda, atau jika tidak memungkinkan bisa anda letakkan di akhir kalimat pada judul. Namun pengalaman saya, jika meletakkan diawal kalimat pada judul, maka mesin pencari akan mudah mengenalinya sebagai kata kunci.

2. Meta Tag Description (Kata Kunci Pada Deskripsi Konten)

Faktor kedua yang perlu anda perhatikan adalah meletakkan kata kunci yang dibidik pada kolom deskripsi dari artikel anda. Anda akan lebih dimudahkan jika menggunakan plugin seperti All in One Seo Pack.

Pada kolom yang disediakan, anda hanya perlu menuliskan ringkasan dari artikel anda dan meletakkan kata kunci diantaranya. Perlu dicatat Meta Tag Description adalah ringkasan dari isi konten anda, bukan mengambil sebagian kata atau kalimat dari konten anda.

3. Keyword Density

Yang dimaksud adalah persentase dari seberapa banyak kata kunci yang anda bidik muncul pada artikel atau konten. Menurut MozBlog, sebaiknya pengulangan kemunculan kata kunci tidak lebih dari 5%, karena akan dianggap Keyword Stuffing (kata kunci yang berlebihan), dan Google sangat tidak menyukai itu.

Perhitungannya seperti ini, jika anda membidik kata kunci “Jual Sepatu Murah” dan anda menulis artikel sebanyak 500 kata. Dalam artikel tersebut, muncul kata kunci “jual sepatu murah” sebanyak 5 kali. Jadi, perhitungannya 500/5 yang artinya persentase Keyword Density anda adalah 1%.

4. Jumlah Kata

Sebagian dari praktisi SEO berpendapat bahwa artikel yang baik dari sisi SEO adalah artikel dengan panjang minimal 300-400 kata. Apakah benar ? bisa benar, bisa juga tidak.

Kata kunci yang anda bidik akan kembali kepada tingkat persaingannya, jika anda membidik persaingan yang rendah, dengan panjang artikel 200-300 kata juga bisa dibilang bagus.

Namun jika anda membidik kata kunci yang tingkat persaingannya tinggi, maka sebaiknya anda membuat postingan dengan panjang minimal 1.500 kata.

5. Peletakkan Kata Kunci Diawal dan Akhir Paragraf

Fakor selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah meletakkan kata kunci yang dibidik pada awal dan akhir paragraf. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan gambaran topik diawal dan diakhir kepada mesin pencari.

6. Image Alt (Alt Text)

Tidak hanya kata atau kalimat, mesin pencari juga dapat mendeteksi kata kunci melalui gambar. Oleh karenanya untuk tujuan tersebut, maka saya menyarankan disetiap gambar yang anda posting dapat diberikan Teks Altenatif (Alt Text) dengan kata kunci yang dibidik.

7. Internal Link

Beberapa praktisi SEO mungkin menghiraukan faktor ini, namun tidak bagi saya. Memberikan tautan atau link yang menuju ke postingan sebelumnya bisa disebut Internal Link, akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa adanya keterkaitan disetiap postingan.

8. Kecepatan Akses atau Loading Blog

Faktor terakhir yang perlu juga anda perhatikan adalah kecepatan loading dari blog anda. Kenapa faktor ini penting, karena akan berpengaruh pada pengalaman pengunjung blog anda.

Semakin lama blog anda diakses, maka akan besar kemungkinan postingan anda tidak dibaca pengunjung. Hal ini juga akan berpengaruh pada pemeringkatan hasil pencarian di Google.

Oleh karenanya, perlu juga diperhatikan kualitas dari hosting yang anda gunakan. Jangan sembarang menggunakan layanan hosting yang murah namun sering bermasalah.

Demikian 8 faktor penting yang perlu anda perhatikan dalam SEO On-Page. Dengan mengaplikasikan kedelapan faktor tersebut, maka anda sudah mengoptimasi SEO On-page blog anda dengan baik. Dan langkah selanjutnya adalah optimasi SEO Off-Page.

Untuk mendalami lebih lanjut, berikut Referensi yang bisa anda baca :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *