Ad Clicks : Ad Views :
Home / Tips Menulis / Sumber Ide Menulis Artikel Di Blog

Sumber Ide Menulis Artikel Di Blog

Dunia Blogging tidak akan pernah lepas dengan kegiatan “Menulis”. Tulisan dalam sebuah blog ibarat sebuah jantung di tubuh manusia, sangat dibutuhkan dan tidak akan hidup tanpanya. Sebuah blog bisa dinilai bagus atau tidak juga dari tulisan yang ada di blog tersebut.

Oleh karena perannya yang sangat penting dalam sebuah blog, terkadang menulis merupakan hal yang menyulitkan bagi sebagian orang. Entah karena tidak adanya ide untuk menulis ataupun bingung mau menulis apa.

Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas beberapa sumber ide untuk menulis yang mungkin bisa anda gunakan untuk menulis di blog.

  1. Google Trends

Google Trends merupakan sebuah tool yang diberikan oleh raksasa mesin pencari yakni Google untuk mencari topik-topik yang sedang hangat atau hot diperbincangkan atau dicari di internet. Anda bisa menggunakan Google Trends untuk menemukan tema tulisan anda. Tentunya dengan Google Trends tulisan anda bisa menjadi trend topik karena berdasarkan topik yang sedang hot saat itu.

  1. Forum

Jika anda berkunjung ke forum tertentu, disana biasanya terdapat banyak postingan-postingan yang diurutkan berdasarkan ketagori tertentu. Disana anda bisa memilih kategori yang sesuai dengan keinginan tema tulisan anda. Anda bisa mengambil intisari dari sebuah postingan dan memodifikasinya dengan gaya anda sendiri.

  1. Buku Cetak dan Majalah

Jika blog anda berisikan beragam tips dan tutorial tertentu, anda bisa saja menggunakan buku cetak atau majalah untuk menjadi sumber referensi tulisan anda. Tentunya tulisan anda akan semakin menarik dan dihargai jika bisa mencamtumkan sumber referensi pendukung yang kompeten.

  1. Situs/portal Berita

Disetiap pagi, saya selalu berusaha menyempatkan untuk membuka situs-situs berita populer di smartphone seperti detik.com, okezone.com, kompas.com dan lain sebagainya. Disamping saya mendapatkan informasi-informasi update, secara tidak sengaja terkadang saya juga bisa mendapatkan ide untuk tulisan di blog saya.

Sebenarnya masih banyak sekali sumber-sumber lainnya untuk mendapatkan ide untuk tulisan anda. Namun keempat sumber diatas setidaknya bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan ide tuilsan anda. Tentunya juga dengan memperhatikan kesesuaian tulisan dengan blog anda. Dan juga melihat target pembaca blog anda. Jika bermanfaat, ditunggu komentarnya yah !

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *