Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Digital Marketing / 4 Bentuk Viral Marketing Yang Cukup Optimal

4 Bentuk Viral Marketing Yang Cukup Optimal

Viral Marketing – Merupakan salah satu bentuk teknik marketing atau pemasaran yang bisa dibilang sangat optimal dalam proses promosi. Viral Marketing memiliki kelebihan sendiri dalam hal penerapan dan jangkauan calon konsumen yang cukup luas. Ditambah dengan biaya yang diperlukan pun relatif murah.

Bagi seorang blogger, menggunakan teknik Viral Marketing sangat dianjurkan dalam mempromosikan blognya ke jangkauan yang lebih luas. Khususnya dalam hal “Branding” viral marketing merupakan salah satu metode yang sangat bagus untuk membangun “branding”.

Beberapa bentuk viral marketing yang dapat kita gunakan untuk membantu promosi blog maupun promosi produk lainnya sebagai berikut.

  1. Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu media yang sangat bagus untuk menerapkan viral marketing. Karena dengan bergabung dengan sosial media secara tidak langsung kita juga bergabung disebuah komunitas besar. Apa yang kita share, baik tulisan, gambar, maupun video mau tidak mau bisa juga dilihat oleh semua orang.

Dengan sosial media, membuat kita semakin dekat dengan audience. Dan jika semakin dekat dengan audience maka peluang kita dikenal pun lebih besar, dan jika kita semakin dikenal, maka peluang untuk memasarkan produk kita pun semakin efektif dan efesien.

  1. Ebook

Salah satu bentuk viral marketing yang saya sukai, dan masih saya gunakan sampai hari ini untuk proses branding. Buatlah ebook yang menarik dan memberikan solusi bagi orang-orang akan masalahnya. Lalu sebarkan dan bagikan ebook tersebut secara Gratis. Keuntungan dengan teknik ini, kita bisa menyisipkan nama kita ataupun produk kita dalam ebook tersebut, dan biarkan ebook itu menyebar luas.

Jika ada konsumen yang mengunduh, menyimpan, dan membagi-bagikan ebook tersebut kepada teman-temannya maka secara tidak langsung membuat nama dan produk kita semakin terkenal. Dan hal ini berlangsung secara terus menerus tanpa kita sadari. Inilah efek viral.

  1. Video

Media lain yang bisa kita gunakan adalah video. Jika kita bisa membuat video yang menarik dan memberikan manfaat, maka upload video tersebut ke jejaring video sosial seperti YouTube. Maka biarkanlah video kita menyebar dengan sendirinya.

Sama halnya dengan ebook, berikan video berkualitas anda secara gratis, jika teman anda merasa mendapatkan manfaat dari video anda, maka teman anda tidak akan segan membagikan dan menyebarkan kembali video anda ke teman-temannya. This is viral men..

  1. Gambar

Menggunakan gambar sebagai media viral marketing juga sangat efektif. Karena gambar sangat mudah dan cepat menyebar. Tentulah gambar yang kita buat harus semenarik dan seunik mungkin agar setiap orang yang melihat secara sengaja dan sukarela menyebarkan kembali gambar anda. Sisipkan watermark link blog  atau nama produk anda sehingga potensi mengenalkan blog dan produk anda semakin efektif.

Viral marketing merupakan teknik pemasaran yang baik dan efektif untuk dilakukan. Terlepas dari bentuk dan cara anda melakukan promosi. Teknik ini sangat cocok bagi bisnis online yang sedang dalam proses branding dan tahap perkembangan. Dengan alasan penggunaan viral marketing sangat minim biaya dan hasil pemasarannya dapat menyebar secara luas. So, bagaimana anda menggunakannya ? bagikan di kolom komentar yah..

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *