Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Blogging Tips / 4 Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website

4 Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website

Jika anda memutuskan untuk mulai berbisnis secara online, maka membuat website merupakan keahlian yang harus anda kuasai. Kenapa ? karena website merupakan pilar dari bisnis online.

Website akan menjadi tolak ukur dari kesuksesan anda dalam berbisnis online. Tanpa adanya website mustahil anda bisa mendapatkan penghasilan secara online.

Dan tau kah anda, memiliki website yang profesional nan elegan akan sangat mempengaruhi keberhasilan anda dalam berbisnis online.

Oleh karena itu, keahlian dalam membuat website merupakan hal mutlak yang harus anda kuasai jika anda memutuskan untuk berbisnis online.

Bukan hanya sekedar membuat website saja, ada beberapa hal yang sangat perlu anda perhatikan dalam membuat sebuah website. Dan hal-hal tersebut akan sangat mempengaruhi keberhasilan dari sebuah webiste.

  1. Tentukan nama domain

Ya betul, sebelum anda memulai secara teknis membuat sebuah website, maka yang harus anda lakukan adalah menentukan nama domain dari website anda. Seperti contoh www.maulaniagus.com / www.facebook.com dan lain sebagainya.

Dalam menentukan nama domian website anda, berikut yang perlu anda perhatikan :

Sesuaikan nama domain dengan bisnis anda.

Jika webiste yang hendak anda buat digunakan sebagai website untuk membangun personal branding maka anda dapat menggunakan nama domain dari nama anda, seperti website saya ini www.maulaniagus.com. Jika anda menyediakan jasa, maka nama domian bisa anda ambil dari jenis jasa yang anda tawarkan, contoh penulisartikel.com dan lain sebagianya.

Jangan menggunakan nama domian yang terlalu panjang.

Pilihlah nama domian yang cukup singkat dan mudah diingat tentunya mempresentasikan bisnis yang anda tawarkan. Nama domain yang terlalu panjang akan membuat pengunjung sulit mengingatnya. Saran saya gunakanlah nama domain tidak lebih dari 3 suku kata.

  1. Gunakanlah Layanan domain dan hosting premium

Memang banyak penyedia provider layanan domain dan hosting yang memberikan layanannya secara gratis. Dan tidak ada yang salah jika menggunakan layanan gratis. Namun guna keperluan profesionalitas dari sebuah website maka saya menyarakan agar anda menggunakan layanan domain dan hosting yang premium.

  1. Tentukan Jenis Website

Jenis website disini yang dimaksud adalah teknis dalam membuat website anda sendiri, apakah dengan bahasa pemograman PHP dan sejenisnya, atau jenis website berbasis CMS (Content Management System).

Dan untuk hal ini, saya sangat menyarakan agar anda membuat website jenis CMS. Karena disamping kemudahan dalam membuatnya, fitur yang ditawarkan pun sangat lengkap. Dan untuk jenis website berbasis CMS saya menyarankan anda menggunakan WordPress.

  1. Theme Website

Setelah anda buat website, maka hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah theme dari website tersebut. Gunakanlah theme yang simpel dan mobile responsive. Karena theme yang terlalu “ribet” akan membuat pengunjung website anda menjadi bingung dan membuat loading website juga menjadi lama.

Disamping 4 hal tersebut diatas, masih banyak beberapa hal lainnya yang perlu anda perhatikan juga dalam membuat website yang profesional. Dan akan saya bahas pada artikel yang lainnya.

Dan pada akhirnya semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *