5 Alasan Besar Kenapa Banyak Pemula Yang Gagal Di Bisnis Online, Hindarilah

5 Alasan Besar Kenapa Banyak Pemula Yang Gagal Di Bisnis Online, Hindarilah

Bukan menjadi rahasia umum jika bisnis online saat ini menjadi primadona sebagian besar orang yang ingin mulai mendapatkan penghasilan. Entah sekedar penghasilan tambahan atau menjadi penghasilan utama sebagai sumber kehidupan.

Kenapa tidak, karena bisnis online merupakan salah satu bisnis yang bisa menjangkau pasar yang lebih luas tanpa ikatan ruang dan waktu jika bandingkan dengan bisnis offline.

Ditambah dengan banyaknya contoh-contoh figure yang telah sukses bisa menjadi motivasi kuat sebagian orang terjun ke bisnis online. Dengan penghasilan mereka yang bisa mencapai milyaran, wajar jika banyak orang yang ngences dan tergiur. 

Namun taukah Anda, faktanya saat ini tidak sedikit juga orang yang GAGAL dalam bisnis.

90% pebisnis gagal dalam membangun bisnis mereka.
30% bisnis mereka mati ditahun kedua setelah dibangun.
50% bisnis mati ditahun kelima setelah dibangun.

Dengan fakta-fakta diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk membangun bisnis di internet tidaklah mudah dan mempertahankannya juga tidak mudah.

Jika Anda baru terjun ke bisnis online, langkah awal terbaik untuk meminimalisir kegagalan adalah dengan menghindari hal-hal yang akan membuat Anda GAGAL.

Berikut 5 hal yang membuat banyak pemula dalam bisnis gagal.

1. Salah dalam memilih Niche.

Menentukan niche atau topik dari bisnis Anda merupakan hal penting yang harus Anda pehatikan saat awal membangun bisnis.

Karena salah saja Anda memilih niche, maka bisa saja bisnis Anda tidak berkembang bahkan cenderung stagnan.

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai berbisnis, lebih baik Anda melakukan riset yang mendalam tentang niche apa yang akan Anda tekuni.

Faktanya, banyak orang yang gagal dalam bisnis karena menjalankan bisnis yang tidak mereka sukai. Hal ini berdampak pada semangat dan optimisme terhadap bisnis Anda.

Memilih niche yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda juga tidak lantas membuat bisnis Anda akan berkembang. Tentunya faktor kompetisi dalam niche tersebut perlu Anda teliti.

Saran saya, jika baru mulai, pilihlah niche yang memiliki tingkat kompetisi yang rendah, karena niche apapun punya “demandnya” masing-masing.

2. Tidak FOKUS pada satu niche/model bisnis

Setelah yakin dengan niche yang telah dipilih tidak lantas membuat Anda sukses. Salah satu kesalahan terbesar yang pernah juga saya alami adalah karena TIDAK FOKUS dan selalu menjadi “kutu loncat”.

Lihat orang dapat penghasilan besar, ikut. Eh, besoknya lihat lagi orang yang main ini berhasil, lalu ikut. Padahal bisnis yang sebelumnya belum menghasilkan. Jika ini yang terjadi, maka bersiaplah Anda akan menemukan kegagalan.

Salah satu faktor terbesar yang membuat Anda tidak fokus adalah karena terlalu banyak informasi yang diterima (Information Overload). Karena jika terlalu banyak Anda menerima informasi yang semestinya belum harus Anda terima, akan membuat fokus Anda mudah terpecah.

Solusinya adalah dengan memberikan “FILTER” di otak Anda untuk bisa menentukan skala prioritas dari informasi yang Anda terima. Saya rasa Anda pun bisa menentukan informasi mana yang akan membuat bisnis saya maju atau informasi mana yang akan membuat gagal fokus.

3. Tidak punya Mentor/Coach.

Point ini juga merupakan salah satu kesalahan terbesar saya saat pertama kali terjun ke bisnis online. Tidak ada yang salah dengan belajar secara otodidak, namun cara belajar seperti itu akan sangat memakan waktu Anda bekali-kali lipat.

Mentor/Coach

Dengan menemukan mentor yang sudah expert dan berpengalaman dibidangnya, proses belajar Anda akan jauh lebih efektif dan tentunya dapat memangkas waktu belajar Anda.

Dengan belajar dari mentor yang tepat dan sudah expert, Anda bisa mendapatkan arahan bahkan blueprint bagaimana mentor tersebut bisa sukses. Karena saya meyakini, salah satu kunci sukses adalah dengan belajar dari orang yang sudah sukses dan menirunya.

Menemukan mentor yang tepat juga bukan perkara mudah. Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah apakah mentor tersebut mau memberikan framework suksesnya sama persis dengan apa yang dia kerjakan.

Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah dengan memperbaiki “mindset”. Menghargai mentor dengan tidak memiliki mental “gratisan” menjadi wujud apresiasi Anda terhadap mentor tersebut. Saya sangat menyarankan dan mengingatkan Anda agar tidak memiliki mental seperti ini.

4. Tidak fokus membangun ASET ONLINE.

Jika Anda ingin serius dan benar dalam membangun bisnis di internet, maka segeralah untuk mulai membangun aset online Anda sendiri. Sama halnya dengan berbisnis offline, jika Anda punya aset sendiri yang bisa digunakan, maka perjalanan bisnis Anda akan sangat terbantu.

Aset online yang saya maksud disini adalah “List” atau database loyal customer Anda, dan bukan hanya sekedar list yang bermental GRATISAN.

Kenapa Anda harus memulai membangun List Anda sekarang?

  1. List bisa dimanfaatkan untuk “Scaling” bisnis Anda. Dengan memiliki list yang tertarget, maka Anda bisa menawarkan produk apapun kepada mereka, tentunya sesuai dengan niche dari list yang Anda bangun.
  2. Dengan memiliki database list sendiri, maka Anda bisa mendapatkan trafik yang terkontrol (Controlled Traffic). Anda bisa menentukan kapan trafik ingin datang dan kemana trafik akan diarahkan. Mantaap bukan ??
  3. Dengan list yang Anda miliki, maka akan semakin mudah membuat bisnis Anda berkembang. Tentunya Anda juga perlu untuk terus membangun relasi dengan list Anda.

5. Tidak membangun Personal Branding dengan baik.

Branding merupakan salah satu faktor kenapa calon customer harus membeli dari Anda. Pernahkah Anda berpikir kenapa kini banyak artis yang mulai terjun ke dunia bisnis, baik kuliner, fashion, dan lain sebagainya.

Dan tanpa adanya konsultan bisnis, para artis dapat menjual produk-produk mereka dalam skala yang bombastis. Kenapa? Karena mereka sudah punya branding di masyarakat sebagai public figure.

Tidak sedikit pemula yang baru terjun ke bisnis online, hanya membangun bisnis saja dan menghasilkan uang secara instant tapi tidak punya income yang stabil.

Mulailah diawal untuk fokus membangun branding diri ataupun produk Anda. Buatlah orang-orang selalu mengingat produk dan tau siapa Anda, maka dengan itu, Anda bisa membangun relasi bisnis yang kuat tanpa harus khawatir dengan kompetitor.

Demikianlah 5 hal yang menjadi alasan kenapa banyak pemula yang gagal dalam 1 tahun pertamanya membangun bisnis online.

Share artikel ini jika bermanfaat, dan jangan sungkan untuk memberikan komentar Anda.

See you..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *