Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Digital Marketing / 6 Teknik Elegan Membuat Calon Pelanggan Menjadi Loyal Customer

6 Teknik Elegan Membuat Calon Pelanggan Menjadi Loyal Customer

Salah satu tujuan Anda berbisnis adalah bagaimana membuat calon pelanggan yang datang mau membeli produk yang Anda tawarkan dan membuat mereka menjadi loyal customer.

Bukan hanya sekedar membeli sekali dari produk yang Anda tawarkan, namun lebih dari itu, bagaimana membuat pelanggan Anda dengan senang hati mau membeli setiap produk yang Anda tawarkan. Tidak sekali tapi berkali-kali.

berikut ulasan 6 teknik yang elegan nan powerfull bagaimana membuat calon pelanggan yang dari tidak mengenal Anda menjadi loyal customer yang siap membeli dari setiap produk yang Anda tawarkan.

1. Give and Take

Inti dari teknik ini adalah bagaimana Anda memberikan sesuatu yang bernilai (value) terlebih dahulu sebelum Anda menawarkan sesuatu. Karena seseorang cenderung akan mau menjadi pelanggan jika diberikan sesuatu yang gratis dan bernilai dahulu.

Sebagai seorang blogger, saya juga menerapkan teknik ini dengan memberikan bonus gratis tanpa biaya apapun kepada pembaca blog saya, seperti ebook, video training, hingga tools yang berguna.

Kenapa teknik ini bisa sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru ? karena secara psikologis pelanggan tersebut akan merasa berhutang budi dan secara perlahan akan mendorong mereka menjadi customer yang loyal.

2. Start with small commitment or action

Sebelum mendapatkan big commitment dari para pelanggan Anda, maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuat mereka berkomitmen dahulu dari hal-hal terkecil.

Jika Anda seorang blogger, teknik ini dapat diaplikasikan dengan mengajak pembaca blog Anda menjadi subscriber atau pelanggan blog secara gratis. Sehingga mereka tidak akan ketinggalan jika ada konten update di blog Anda.

Karena riset menunjukkan bahwa orang-orang yang dengan senang hati melakukan small commitment yang Anda tawarkan, maka kelak mereka akan menjadi big customer untuk Anda.

Banyak orang yang keburu nafsu hanya untuk jualan saja tanpa ada follow up secara terus menerus. Hal ini hanya akan membuat Anda gagal mendapatkan penjualan.

3. Do not know YOU then no sales

Simpelnya adalah bagaimana bisa ada penjualan jika mereka tidak mengenal Anda. Karena mayoritas pelanggan yang pernah membeli produk Anda adalah mereka yang telah mengenal Anda sebelumnya.

Perkenalkanlah diri Anda secara Pede, jelaskan bisnis Anda, dan tunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki kemampuan.

Jika pembaca atau prospek sudah mengenal Anda dengan baik dan menganggap Anda sebagai expert dibidangnya, maka prospek kelak bisa menjadi loyal customer yang siap membeli setiap produk yang Anda tawarkan.

Social media bisa sangat efektif untuk memperkenalkan diri dan menjaga reputasi Anda. Sering-seringlah membagikan konten-konten yang bermanfaat, bukan hanya sekedar mengupload foto-foto keluh kesah kehidupan Anda. Hanya buang-buang waktu saja.

4. Social Proof

Sudah sifat alami dari manusia jika suka ikut-ikutan. Terlebih jika sedang viral dan booming. Segala sesuatu yang sedang trend maka manusia secara bersamaan akan mengikutinya.

Sebagai pebisnis atau penjual, fenomena ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk dengan menonjolkan social proof dari banyak orang.

Artinya, Anda dapat menjual produk yang memang sedang trend atau membuat produk Anda menjadi trend lalu akan diikuti oleh banyak orang. Karena faktanya, menjual produk yang sedang ngetrend maka akan cepat laku dan ludes.

5. Scarcity Technique

Analoginya seperti ini, jika ada barang yang langka namun peminatnya atau permintaannya sangat banyak, maka barang tersebut akan menjadi mahal dan berharga, betul kan ?

Teknik Scarcity ini akan membuat produk yang Anda tawarkan terkesan “Eksklusif” dan “limited”, sehingga banyak orang yang akan memburunya.

Implementasi lainnya dari teknik scarcity ini adalah dengan menjual produk Anda dalam waktu atau batasan tertentu. Bisa juga Anda memberikan diskon namun berlaku selama 3 hari saja. Pengalaman saya, teknik ini sangat ampuh dan efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan.

6. Personal Branding

Fakta menunjukkan bahwa konsumen lebih suka membeli sebuah produk atau jasa dari orang yang sudah memiliki authority atau reputasi yang baik dibidangnya.

Kenapa banyak orang yang mau membeli bukunya Merry Riana ? karena beliau memang sudah terkenal dan memiliki authority yang kuat dibidangnya.

Dan kenapa buku-buku yang ditulis oleh mas Jaya Setiabudi sangat laku dan laris dipasaran ? karena memang beliau sudah dikenal dan punya branding kuat dalam bidang bisnis.

Saya yakin Anda mengenal sosok Raffi Ahmad (presenter, komedian, juga aktor), kenapa seorang Raffi yang tidak memiliki latar belakang atau pendidikan mengenai bisnis, bisa menjual Keripik singkongnya berjuta-juta pcs ?

Yes, benar karena Raffi sudah memiliki authority dan loyal fans yang sangat massive sebagai seorang artis papan atas Indonesia.

Dengan membangun authority atau personal branding, maka secara tidak langsung akan memupuk kepercayaan prospek dan pelanggan Anda untuk tumbuh menjadi loyal customer.

Social media juga bisa Anda manfaatkan untuk mulai membangun personal branding dan authority yang kuat. Seringlah berbagi konten-konten yang mencerahkan dan membuat orang berpikir bahwa Anda expert dibidangnya.

Demikian 6 teknik yang elegan nan powerful untuk mengubah prospek dari yang belum mengenal Anda menjadi pelanggan setia yang siap membeli setiap produk yang Anda tawarkan.

  1. Give and take : sharing-sharing dahulu, lalu jualan kemudian.
  2. Start with small commitment : buatlah prospek melakukan hal-hal terkecil untuk Anda.
  3. Do not know YOU then no sales : Perkenalkanlah dulu siapa Anda, dan bisnis Anda.
  4. Social Proof : Menjual produk yang sedang ngetrend adalah cara yang sangat efektif.
  5. Scarcity Technique : Teknik membuat produk Anda langka hingga terkesan eksklusif
  6. Personal Branding : Mulai bangun branding dan authority Anda.

Pada akhirnya semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber inspirasi artikel ini è http://strategimanajemen.net/2018/07/02/6-trik-psikologis-yang-powerful-dalam-ilmu-consumer-behavior/

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *