7 Kunci Sukses Email Marketing Yang Harus Anda Ketahui

7 Kunci Sukses Email Marketing Yang Harus Anda Ketahui

Mari kita mulai dengan pertanyaan kenapa harus Email Marketing?

Email marketing adalah satu-satunya strategi marketing online yang memberikan ROI (Return of Invesment) lebih cepat dibandingkan dengan channel marketing lainnya.

fact of email marketing

Dan taukah Anda, bersumber dari artikel di Lifewire.com, lebih dari 269 miliar email dikirim dan diterima setiap harinya.

Di Indonesia, pengguna sosial media mencapai 130 juta orang atau lebih dari 49% dari total populasi. Artinya, 130 juta orang tersebut pastilah memiliki akun email, karena menggunakan sosial media haruslah mempunyai akun email. Angka yang sangat masif bukan? 

Itulah kenapa email marketing bukan hanya menjadi alternatif strategi marketing saat ini, bahkan telah menjadi strategi utama untuk setiap bisnis di internet.

Apapun bisnis Anda di internet, email marketing tidak hanya harus Anda gunakan, melainkan harus menjadi salah satu strategi yang harus Anda tekuni lebih serius.

Lalu bagaimana agar Anda bisa sukses dalam menjalankan strategi email marketing saat ini? Berikut 7 kunci sukses email marketing yang harus Anda ketahui dan pelajari.

1. Build Targeted Email List (Membangun Email List Yang Tertarget)

Kunci pertama untuk sukses dalam email marketing adalah dengan mengumpulkan email list yang tertarget dan sesuai dengan niche dari bisnis Anda.

target

Karena faktanya, lebih baik memiliki sedikit list tapi berkualitas dan siap membeli apapun offer yang ditawarkan. Daripada banyak list namun tidak berkualitas, yang hanya akan membebankan biaya saja.

Dan cara terbaik untuk membangun email list yang tertarget adalah dengan mengubah pengunjung website/blog Anda menjadi subscriber. Namun faktanya, 80% dari trafik yang datang meninggalkan web/blog Anda begitu saja tanpa meninggalkan jejak apapun.

jika Anda menggunakan wordpress, plugin Exit Intents Popups layak dibutuhkan agar pengunjung yang datang dapat terkonversi menjadi subscriber.

2. Know Your Goal’s Campaign (Mengetahui Goal dari Setiap Campaign)

Strategi marketing yang terbaik didesain dengan goal dan tujuan yang jelas. Sama halnya dengan strategi email marketing. Anda harus memiliki goal dan tujuan yang jelas sebelum memulai campaign.

goals

Pikirkan dan tulis goal apa yang ingin Anda capai dari setiap campaign yang Anda jalankan. Contohnya, jika goal dari campaign Anda adalah membangun banyak email list, maka Anda harus memaksimalkan lead magnet yang Anda tawarkan agar banyak audiens yang menjadi subscriber.

Contoh lainnya jika goal campaign Anda adalah sales/penjualan, maka faktor-faktor conversion rate harus Anda perhatikan.

Beberapa goal dari campaign email marketing seperti :

  • Membangun dan menambah list
  • Meningkatkan penjualan.
  • Atau meningkatkan branding

3. Understand Email Types (Memahami Jenis-Jenis Email)

Menjadi sangat penting untuk Anda memahami berbagai jenis tipe email yang dapat Anda kirimkan ke pelanggan. Hal ini penting agar Anda bisa mengirimkan jenis email yang tepat ke pelanggan yang tepat juga.

Berikut beberapa tipe email yang bisa Anda kirimkan:

  • Promotional emails.
    email yang berisi penawaran atau penjualan dari produk Anda.
  • Relational emails.
    email yang dikirim untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Seperti memberikan free gift, free training, atau free tools.
  • Transactional emails.
    dikirimkan berdasarkan tindakan yang dilakukan pelanggan. Seperti email yang dikirim saat pelanggan berhasil menjadi subscriber dan lain sebagainya.

4. Strong and Character Content (Konten Email Yang Kuat dan Berkarakter)

Pesan didalam email yang Anda kirimkan menjadi salah satu faktor kesuksesan campaign. Buatlah konten email dengan karakter diri sendiri, bukan mengikuti secara utuh orang lain.

Buatlah konten email yang memiliki tujuan dan goal yang spesifik dari setiap campaign. Dan Anda dapat membuat konten email Anda lebih personal dengan menambahkan nama subscriber agar terlihat lebih personal.

5. Gunakan Teknologi Software (Use Software Technology)

Jangan kaku untuk menggunakan cara modern dibandingkan masih menggunakan cara tradisional. Satu-satunya channel marketing dimana teknologinya makin berkembang terus adalah email marketing.

software

Sudah banyak software email marketing yang dapat membantu memaksimalkan dan memudahkan Anda menjalankan setiap campaign, seperti Mailchimp, Getresponse, BirdSend, dan masih banyak lagi.

Provider email marketing software selalu mengupdate fitur mereka untuk memberikan kemudahan menjalankan campaign email marketing.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak penyedia email marketing software yang tidak kalah fitur dan benefitnya dari penyedia luar, seperti Kirim.Email, ProfitSender, dan Indoresponder.

6. Timing (Pengiriman Email Diwaktu Yang Tepat)

Perlu Anda pahami bahwa tidak setiap saat orang akan membuka dan membaca email. Terlebih jika orang tersebut memiliki aktifitas yang padat dan sulit mengakses internet.

timing

Oleh karena itu, Anda harus tau kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email kepada mereka.

Kemudian, jangan pernah membuat subscriber Anda overload informasi dengan mengirimkan banyak email. Jangan pernah dalam satu waktu mengirimkan email dengan jenis campaign yang berbeda. Contoh, dalam satu email, Anda mempromosikan dua produk yang berbeda. Hal ini hanya akan membuat subscriber Anda bingung.

Lalu bagaimana Anda bisa mengetahui kapan waktu terbaik mengirimkan email ke subscriber Anda? Jawabannya hanya dengan melakukan testing. Kirimkan beberapa email diwaktu-waktu yang berbeda, lalu analisa diwaktu kapan mereka lebih banyak membuka email Anda.

7. Focus on Email Marketing Design

Desain email sangat berpengaruh pada kesuksesan email marketing campaign Anda. Jika tampilannya terlihat buruk dan membosankan, maka tidak akan ada orang yang mau membacanya. 

Dan di era serba digital dan penetrasi smartphone yang menggila, hampir 90% orang akan membuka dan membaca email melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Oleh karena itu, menjadi sebuah kewajiban jika tampilan email Anda harus “Mobile Friendly” artinya dapat mudah diakses dan dibaca dalam perangkat mobile.

design mobile

Salah satu tips agar tampilan email Anda terlihat atraktif adalah dengan mensisipkan gambar yang relevan dengan isi dari email Anda. Namun perlu dicatat, jangan terlalu banyak mensisipkan gambar karena akan dianggap SPAM/PROMOTION oleh beberapa provider email seperti Gmail.

Sebagai kesimpulan, email marketing hingga saat ini masih menjadi channel marketing terbaik untuk menghasilkan ROI lebih cepat dan lebih baik. Strategi email marketing haruslah menjadi strategi yang harus Anda tekuni bukan sekedar menjadi strategi yang hanya Anda pelajari.

Pada akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat.

lead magnet formula download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *