Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Make Money Blogging / 7 Tipe Produk Yang Dapat Dijual Melalui Blog Anda

7 Tipe Produk Yang Dapat Dijual Melalui Blog Anda

Tidak sedikit yang masih mengalami kesulitan untuk menghasilkan uang dari blog. Entah karena alasan kurangnya waktu yang dimiliki untuk membangun sebuah blog hingga “bingung” mau dengan cara apa menghasilkan uang dari blog.

Saya pribadi mulai menghasilkan uang dari blog dengan menjadi publisher di Google Adsense. Butuh waktu hingga satu tahun lamanya untuk saya belajar secara otodidak bagaimana membuat blog dan membangunnya.

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual produk anda sendiri. Dengan ini anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih dibandingkan dengan hanya menjadi Affiliate atau melalui program advertising.

Oke, sebelum saya memaparkan 7 tipe produk yang dapat dijual melalui blog anda, saya akan menjelaskan apa itu “produk” yang saya maksudkan disini. Produk disini adalah “something virtual” (seperti software dan ebook) atau “something Physical” (seperti baju, kaos, dan sepatu).

Berikut 7 tipe produk yang dapat dijual, yang mana cocok dengan anda ?

1. Ebooks

Anda dapat membuat ebook berdasarkan pengalaman atau juga bisa dari sebuah studi kasus yang dialami. Salah satu cara termudah menghasilkan uang dari blog adalah dengan membuat ebook. Disamping tidak butuh “modal” yang besar, membuat ebook juga bisa dilakukan dimana saja.

Banyak dari para Blogger yang memulai penghasilannya di Internet dengan menjual ebook. Anda bisa menentukan sendiri berapa harga dari ebook anda.

Bagaimana jika saya tidak bisa menulis atau kemampuan menulis saya “alakadarnya” ? apakah bisa membuat ebook yang bagus dan layak dijual ? BISA, anda dapat menggunakan jasa penulis profesional. Kini  banyak sekali para penulis lepas yang dapat membantu anda membuat ebook. Jadi anda hanya perlu memberikan tema, judul, gambaran dan peta dari ebook anda.

2. Printables

Produk dengan tipe seperti ini kini menjadi populer. Berbeda dari ebook, produk ini memang didesain untuk dapat dicetak (print) dan digunakan hasil cetakannya.

Beberapa contoh produk printables ini adalah :

  1. Cheat Sheets
  2. Kartu Undangan
  3. Worksheets (tabel rencana kerja)
  4. Kartu ucapan
  5. dan lain sebagainya yang memang dibeli untuk dicetak (print out)

dan salah satu contoh produk printables adalah Chelsea Lee Smith “Printable Pack”

3. Digital Subscriptions

Adalah sebuah informasi yang diberikan melalui email kepada pelanggan email newsletter (subscribers) yang telah mendaftarkan alamat email mereka tentunya kepada anda.

Dengan memberikan informasi, training, atau course secara berkala yang dikirimkan melalui email, tentunya dengan biaya berlangganan yang telah anda tetapkan sebelumnya.

Tipe produk ini juga dapat anda otomisasi dengan bantuan software atau layanan Autoresponder seperti Mailchimp, Getresponse, dan lain sebagainya.

Contoh dari Produk ini : $5 Meal Plan, by Erin Chase

5. Online Course

Cara ini merupakan salah satu cara favorit saya dalam menghasilkan uang dari blog. Namun pengalaman saya butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk membuat sebuah Online Course.

Anda dapat saja membuat online course dalam bentuk ebook, namun perkembangannya, banyak online course yang menambahkan fitur-fitur seperti :

  1. Video Content
    Dimana online course anda berupa video training ataupun video tutorial.
  2. Audio Interviews
    Jika anda mengalami kesulitan untuk membuat video konten, maka membuat online course dalam bentuk audio bisa menjadi alternatif terbaik.
  3. Quizzes (Kuis)
    Anda bisa saja membuat beberapa kuis yang dapat membantu murid anda dalam memahami materi yang disampaikan.

Contoh dari tipe produk ini : ProBlogger’s New Course

5. Membership dari Private Website atau Group

Beberapa tahun belakang situs-situs “Membership Sites” menjadi populer. Tipe produk ini merupakan sebuah website yang privat dan tidak dapat diakses oleh semua orang kecuali dengan membayar dan berlangganan tiap bulannya.

Anda juga dapat membuat sebuah group facebook atau forum private dimana anda memberikan training ataupun materi premium disana.

Contoh dari tipe produk ini : Copyblogger’s “Authority”

6. Software atau Aplikasi Smartphone

Jika anda seorang developer atau pembuat program dan aplikasi, cara ini bisa menjadi cara utama anda dalam menghasilkan uang melalui blog dan cara ini bisa sangat menggiurkan.

Tentunya dengan banyak pilihan disini, sofware atau aplikasi yang anda buat bisa berupa apa saja seperti dari tool yang berkaitan dengan hobi dari pembaca anda. Anda bisa menetapkan harga “sekali bayar” atau dengan biaya berlangganan tiap bulannya.

Contoh dari tipe produk ini : Fat Mum Slim’s Little Moments App

7. Physical Products (Produk Fisik)

Jika blog anda sudah mulai dikenal dan memiliki pengunjung yang loyal bahkan mempunyai “fansbase” tersendiri, maka anda dapat membuat beraneka macam souvenir dan merchandise yang berhubungan dengan blog anda.

Salah satu kekurangan dari menjual produk-produk fisik seperti ini adalah anda akan membutuhkan space dan store juga jasa pengiriman. Dimana hal-hal seperti ini akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Contoh dari tipe produk ini : Kirsten and Co’s Skin Boss

Dari ketujuah tipe produk diatas, saya pribadi memulainya dengan membuat ebooks dan juga online course. Lalu bagaimana dengan anda ? tipe produk apa yang akan dijual melalui blog anda ?

Inspirasi dan sumber tulisan ini : https://problogger.com/products-to-sell-via-blog/

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *