7 Tools Produktifitas Yang Saya Gunakan di Tahun 2020

7 Tools Produktifitas Yang Saya Gunakan di Tahun 2020

Walau telat, sebelumnya saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2020 kawan, semoga ditahun ini menjadi langkah menuju perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Saya juga mendoakan semoga bisnis Anda semakin maju, amin.

Artikel ini merupakan artikel pertama saya ditahun 2020, setelah cukup lama saya tidak membuat artikel di blog ini karena kesibukan saya saat ini menjalani model bisnis Toko Online.

Saya tidak dapat memungkiri, sepanjang perjalanan bisnis online saya, beberapa tools offline dan online (baik software atau apps) banyak membantu saya dalam produktifitas sehari-hari. Perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi kita dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi kepada Anda beberapa tools yang telah saya gunakan dari tahun sebelumnya dan akan tetap saya gunakan ditahun ini. Dengan harapan informasi ini bisa menjadi referensi dalam membantu produktifitas Anda sehari-hari.

Xmind Zen

xmind

Tools ini berupa software yang bisa diinstall di Windows, Mac, dan Linux. Dan inilah tools yang menjadi andalan saya selama lebih dari 2 tahun belakangan ini dalam membuat planning materi, menulis artikel, dan merencanakan project.

Tools ini sangat berguna untuk saya dalam membuat Mindmap dan merencanakan sesuatu. Dan sampai kapanpun, saya akan tetap menggunakan tools yang satu ini.

And anyway, target bulanan dan tahunan bisnis saya, dibuat menggunakan Xmind Zen. Karena user friendly dan mudah digunakan.

Tools ini tersedia dalam versi Free alias gratis dan versi Pro, tentunya dengan perbedaan fitur-fitur yang akan didapatkan. Namun saya rasa, versi Free nya juga sudah cukup jika Anda ingin menggunakan tools ini.

Download Xmind Zen disini

Tomighty

tomighty

Tagline-nya “A free desktop timer for pomodoro Technique”

Yes betul, ini adalah sebuah tool timer yang dapat diinstal di Windows dan juga Mac.

Kenapa saya menggunakan Timer? Salah satu mentor saya pernah mengajarkan, jika ingin mengerjakan sesuatu gunakanlah timer. Karena kerjaan kita akan semakin fokus dan terarah.

Saya mengakui, sebelum saya menggunakan aplikasi timer, pasti setiap saya buka laptop, ada saja hal yang men-distract saya, buka timeline facebook lah, buka youtube lah, yang ada kerjaan saya tidak kunjung selesai.

Kedua, tools timer ini juga sedikit banyak membantu kesahatan mata saya, yang mayoritas belasan jam didepan komputer. Jadi setelah timer berbunyi, saatnya mata saya beristirahat beberapa menit.

Tools ini Free kok, jika Anda membutuhkannya, silahkan download disini.

Trello

trello

Yes, inilah salah satu tool yang saya gunakan sudah cukup lama setelah Xmind Zen. Dan ditahun ini pun tetap akan saya gunakan.

Tool ini bersifat web based, artinya jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus terkoneksi ke internet.

Sesuai deskripsi di webnya, dengan Trello akan membuat Anda bekerja lebih kolaboratif dan menyelesaikan banyak hal.

trello 2

Banyak sekali fitur yang diberikan, mulai dari Boards, Card List, Card Organize, dan lainnya. Tapi jujur saya menggunakan Trello untuk membuat To Do List saat saya sedang ada project tertentu. Karena dengan Trello, saya bisa mengontrol apa saja yang belum dan sudah saya kerjakan.

Kalau Anda bingung cara menggunakan tool ini, banyak kok panduannya di Youtube bagaimana menggunakan Trello secara maksimal.

Mau coba fitur-fitur Trello? Klik webnya disini

Canva

canva

Nah, ini dia tool andalan saya dalam membuat desain. Banyak sekali desain yang bisa dibuat menggunakan Canva, mulai dari Facebook Post, Instagram Post, Banner, Facebook cover, dan masih banyak lagi.

Tersedia dalam versi Free dan juga versi Pro. Tapi saya rasa versi gratisnya saja fiturnya sudah cukup bagus dan sangat membantu. Walau tidak se-powerfull versi Pro.

Dan yang paling saya suka dari Canva adalah, desain-desainnya tidak “saturated” dan mengikuti trend. Sehingga saya pribadi jarang kehabisan ide dalam membuat beberapa desain.

Silahkan rasakan sendiri powerfullnya Canva disini

Adobe Spark

adobe spark

Kalau tool yang satu ini biasanya menjadi alternatif saya jika benar-benar mentok menemukan ide desain di Canva. Tapi tetap saya masukkan kedalam list saya.

Pada prinsipnya, Adobe Spark memiliki kesamaan fitur dengan Canva, dimana tool ini membantu Anda dalam membuat bermacam-macam desain.

Bahkan terkadang saya menemukan desain yang tidak ada di Canva, begitupun sebaliknya.

Jadi tool ini juga sangat membantu saya.

Link webnya disini

Task To Do List and Reminder (APK) By Stephen Nottage

todolist apk

Dan kalau tool yang satu ini merupakan sebuah Aplikasi Android yang saya install di smartphone. Search aja di Play Store atau App Store pasti ada kok.

Walau untuk urusan bisnis selama ini saya hanya menggunakan template Excel untuk membuat To Do List atau rencana kerjaan saya tiap harinya. Terkadang saya membutuhkan aplikasi di smartphone untuk membantu mengingatkannya. Jadi setiap saya buka smartphone, List kerjaan saya selalu muncul di notifikasi.

Aplikasi ini menurut saya paling simpel diantara aplikasi lainnya yang pernah saya gunakan (menurut saya loh ini).

Jika Anda ingin mencoba menginstalnya di smartphone, bisa download disini.

Later.com

later

Atas rekomendasi salah satu mentor saya, tool yang satu ini saya gunakan untuk membantu saya dalam membuat postingan terjadwal di Facebook dan Instagram.

Walaupun menurut saya, sebaiknya Anda menggunakan versi berbayarnya karena fitur-fiturnya sangat berbeda jika menggunakan versi gratisnya.

Biaya perbulannya juga tidak terlalu mahal menurut saya, mulai dari $9 perbulan Anda sudah bisa menggunakan fitur-fitur terbaiknya dan bisa mengakomodir lebih dari 1 akun sosial media.

Jika Anda ingin menggunakannya, bisa kunjungi webnya disini.

Demikian 7 tools produktifitas yang telah dan akan saya gunakan di tahun 2020 ini. Walaupun sebenarnya masih ada beberapa tools lainnya yang saya gunakan.

Semoga bisa memberikan referensi dan bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *