Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Bisnis Online / Anda Karyawan? Berikut Cara Termudah Mendapatkan Income Tambahan Dari Internet

Anda Karyawan? Berikut Cara Termudah Mendapatkan Income Tambahan Dari Internet

Tau kah Anda, dan mungkin tidak Anda sadari bahwa selama 6 tahun terakhir nilai rupiah terhadap dollar jatuh hingga 40%, dan selama itu juga angka inflasi di Indonesia mencapai 30%. Jika ditambah maka totalnya 70%, sebuah angka yang massif.

Saya yakin Anda juga menyadari bahwa biaya hidup terus meningkat setiap tahunnya, dikarenakan barang-barang kebutuhan disekitar kita juga merayap naik karena derasnya inflasi.

Saya sendiri tidak mengetahui berapa level penghasilanmu saat ini, namun terlepas dari berapapun nilainya, patutnya harus disyukuri guna membuka pintu rezeki yang lainnya.

Tau kah Anda bahwa ada sebuah studi menyatakan bahwa dengan kondisi ekonomi di Indonesia saat ini, setidaknya Anda harus memiliki penghasilan Rp 15 juta/bulan untuk bisa hidup layak. (baca sumbernya disini).

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Anda sudah memiliki penghasilan sebesar itu saat ini?

Bersyukurlah jika Anda sudah berada di level tersebut, namun bagi Anda yang kiranya belum, maka solusinya adalah dengan memutar otak untuk mendapatkan income tambahan.

Beruntungnya Anda para generasi milenial saat ini yang hidup di era digitalisasi dengan derasnya penetrasi smartphone dan internet.

Mari kita kesampingkan dulu terkait biaya hidup yang mahal saat ini.

Fakta dan data membuktikan bahwa pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat, hal ini juga didukung dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih.

internet-user-indonesia

Bayangkan jika dulu orang tua kita membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berbulan hanya untuk berkomunikasi dengan kerabat melalui surat. Kini Anda tidak perlu mengalaminya. Hanya butuh hitungan menit bahkan detik melalui sebuah email atau chat.

Keuntungan inilah yang seharusnya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet agar hidup Anda semakin layak.

Berikut beberapa cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan income tambahan dengan penetrasi internet saat ini.

1. Menjual Jasa dari keahlian Anda.

Saya meyakini setiap manusia diberikan bakat dan keahlian yang berbeda-beda oleh Allah, dan pasti membutuhkan satu sama lainnya.

Jika Anda mempunyai skill/keahlian tertentu, setidaknya Anda bisa menawarkan jasa kepada orang lain yang membutuhkan keahlian Anda.

Contoh, jika Anda punya keahlian reparasi elektronik, maka Anda bisa tawarkan ke orang-orang yang tidak mengerti elektronik.

Di internet sendiri sudah banyak “marketplace” yang akan membantu mempertemukan Anda ke orang-orang yang membutuhkan keahlian Anda. Sepeti Sejasa.com, Beres.id, Tukang.com, dan seekmi.com.

Kunci dari kesuksesan Anda menjual jasa adalah “unik” dan “Pelayanan”.

Jasa bukan soal keahlian, namun pelayan yang Anda berikan akan membuat orang lain mau kembali menggunakan jasa Anda.

Dan cara ini juga bisa Anda kerjakan diluar jam kerja Anda sebagai karyawan.

2. Dropship (menjual produk orang lain tanpa harus stok barang)

Cara mudah selanjutnya menurut saya adalah dengan menjadi Dropshipper. Kenapa? Karena setidaknya Anda tidak perlu dipusingkan dengan stok produk, pengiriman produk, atau komplain customer yang malah akan menganggu aktifitas utama Anda sebagai karyawan.

Simpelnya Anda menawarkan produk orang lain dengan mengambil selisih nilai penjualan dari supplier.

Memang selisih yang dapat Anda ambil tidaklah banyak, pengalaman saya antara Rp 30 ribu s/d Rp 100 ribu saja (tergantung dari jenis dan market produknya). Namun bayangkan jika sehari saja Anda bisa menjual ratusan pcs, keuntungan yang lumayan bukan?

Sebagai langkah awal, Anda bisa memanfaatkan marketplace produk fisik seperti Tokopedia.com atau Bukalapak.com untuk mempertemukan Anda ke pembeli.

Menjadi Dropshipper juga bisa Anda kerjakan disela aktifitas utama Anda sebagai karyawan. Karena mudahnya diakses hanya melalui smartphone.

3. Affiliate (Perantara antara pemilik produk digital dengan pembeli).

Yes benar, Anda bisa dikatakan sebagai makelar atau perantara yang menjual produk orang lain dan Anda mendapatkan komisi setiap penjualannya. Memang umumnya affiliate produknya berbentuk digital (software, ecourse, tools, theme, dsb).

Cara inilah yang sangat saya rekomendasikan kepada Anda sebagai cara terbaik mendapatkan income tambahan melalui internet.

Affiliate prinsipnya merekomendasikan. Dan kuncinya adalah bagaimana Anda merekomendasikan produk yang tepat kepada prospek untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Prospek punya masalah >> Anda rekomendasikan produk yang tepat >> prospek membeli dan menjadi customer >> masalah mereka terselesaikan >> dan Anda mendapatkan komisi.

Demikian 3 cara terbaik dan mudah bagaimana Anda bisa mendapatkan income/tambahan dari internet. Dan saya pribadi menekuni cara pertama dan ketiga untuk mendapatkan income tambahan dari internet. Alhamdulillah terus memberikan income secara rutin ke rekening saya walau tidak banyak.

Ada pertanyaan? Silahkan sampaikan di komentar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *