Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Belajar Internet Marketing Gratis Untuk Pemula

Belajar Internet Marketing Gratis Untuk Pemula

img

Belajar internet marketing gratis untuk pemula, seringkali dikaitkan dengan Anda yang ingin merintis bisnis. Mengingat jual beli baik barang atau jasa kini tidak lagi dibatasi hanya dilakukan di toko atau pasar saja. Jaringan internet yang menghubungkan seluruh dunia, memungkinkan jual-beli dapat dilakukan siapa saja antar negara.

Sejak perkembangan internet semakin tidak terbatas, marketing juga mengalami dampaknya. Internet marketing menjadi bagian yang tidak lagi dapat dipisahkan saat Anda atau seseorang ingin merintis bisnis jual-beli barang atau jasa.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing merupakan istilah dalam bahasa Inggris. Sekilas Anda tentu akan memahami apa itu internet marketing. Mudahnya internet marketing adalah salah satu teknik penjualan yang dilakukan melalui internet. Dapat dilakukan siapa saja baik individu skala kecil rumahan hingga sebuah perusahaan besar skala nasional hingga internasional. Seseorang hingga perusahaan yang menjalankan internet marketing disebut marketer atau internet marketer.

Pada dasarnya internet marketing tidak berbeda dengan marketing yang selama ini yang Anda kenal. Tujuannya tidak berbeda yakni untuk mendapatkan calon pembeli pontensial yang nantinya akan membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Pertama kali populer pada tahun 1990an tepat saat internet semakin berkembang dan dibutuhkan banyak orang. Di Indonesia sendiri internet marketing ini menjadi populer saat marketplace seperti Lazada dan Zalora hadir.

4 Hal yang tidak dapat dipisahkan dari internet marketing

Seperti yang telah diulas pada paragraf sebelumnya, bahwa tujuan internet marketing tidak berbeda dengan teknik marketing lain yang banyak digunakan para pebisnis. Hanya saja, internet marketing memberikan perhatian lebih banyak pada penggunaan internet. Hal ini menjadikan internet marketing ini dilakukan sedikit berbeda dengan teknik marketing manual.

Keempat hal berikut ini menjadi bagian yang harus Anda pahami saat belajar internet marketing gratis untuk pemula sebelum merintis bisnis.

1. SEM atau Search Engine Marketing

merupakan salah satu strategi pemasaran dalam internet marketing. SEM ini merupakan strategi dengan memanfaatkan mesin pencari online seperti Google, Bing dan banyak lagi untuk mempromosikan website.

Strategi ini digunakan mengingat calon pembeli Anda menggunakan mesin pencari untuk menemukan barang atau jasa yang Anda jual. Produk yang tertangkap mesin pencari menjadikan lalu lintas pengunjung ke website atau blog Anda lebih banyak sekaligus berpotensi menjadi calon pembeli.

2. Social media marketing

Juga menjadi bagian yang tidak kalah penting saat menjalankan internet marketing. Mengingat saat ini pengguna social media sangat banyak dan harus dimanfaatkan. Meski taget pemasaran melalui media sosial ini tidak terlalu menggembirakan seperti SEM, namun cukup banyak marketer yang menggunakannya.

Selain dapat memanfaatkan fitur tidak berbayar dengan membuat konten berkualitas, Anda juga dapat memanfaatkan fitur berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads hingga Instagram Ads.

3. Email marketing

Merupakan bagian dari internet marketing yang memberikan dampak signifikan pada penjualan. Mengingat cara ini dilakukan dengan memasarkan produk melalui email. Biasanya email akan dikirimkan secara masal melalui beberapa list email building yang harus Anda lakukan sejak pertama kali merintis bisnis.

Keunggulan email marketing ini tidak hanya lebih murah, namun terkesan lebih personal. Sehingga cara yang satu ini juga dapat dijadikan sarana menjalin hubungan yang baik dengan konsumen calon pembeli.

4. Website atau blog

Membuat website atau blog ini menjadi keharusan bagi seorang internet marketer. Mengingat penggunaan social media marketing tidak akan efektif untuk memasarkan produk. Anda memerlukan sebuah website atau blog yang memiliki konten berkualitas mengenai produk Anda.

Melalui sebuah website ini Anda dapat menerapkan teknik SEO hingga email list building yang sangat membantu dalam pemasaran online. Sehingga produk Anda lebih dikenal sekaligus mendatangkan traffic cukup banyak untuk membuatnya menjadi pembeli.

Dan jika anda mengalami kesulitan dalam membuat sebuah website atau blog, kami menyediakan 26 HD Video Training Terlengkap bagaimana anda dapat membuat website yang profesional hanya dalam 24 jam, dan saat ini akses kami berikan GRATIS. Silahkan download di www.gusbisnis.com

Tips menjadi internet marketer

Tolak ukur keberhasilan seorang internet marketer adalah saat nilai penjualannya terus meningkat setelah melakukan beberapa cara pemasaran online yang jitu.

Namun untuk menjadi andal dan mendapatkan hasil yang diinginkan, tentu saja membutuhkan proses yang cukup panjang. Selain memperlajari ilmunya, Anda juga harus melakukan praktik langsung dari ilmu yang Anda dapatkan dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Selalu Belajar

Belajar secara otodidak tidak selalu buruk dilakukan. Mengingat sekarang ini banyak tips mengenai internet marketing dibagi melalui blog-blog hingga website terpercaya.

Anda juga dapat belajar mengenai teknik internet marketing dengan online course hingga seminar atau pelatihan singkat yang biasanya dikenai tarif bervariasi dari sangat terjangkau hingga mahal. Pastikan Anda tahu ilmunya lebih dulu sebelum praktik internet marketing.

2. Fokus pada satu jenis produk dan teknik pemasaran terlebih dahulu

Apakah email marketing, SEO ataukah social media marketing. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda membangun bisnis lebih sederhana.

Salah satu kesalahan intenet marketer pemula adalah seringkali menjual berbagai macam produk dengan berbagai teknik marketing yang diketahuinya secara tidak sempurna. Akibatnya ada banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan sehingga efektivitas penjualan tidak maksimal.

3. Belajar membuat website

Internet marketing tidak dapat dipisahkan dari website. Untuk menjadi internet marketer yang andal, Anda harus memulainya dengan membangun website. Mengingat fungsi website ini tidak hanya untuk mempromosikan produk. Namun juga untuk membangun personal branding dalam rangka menembus pasar. Kekuatan website dalam membangun branding sangat menunjang keberhasilan internet marketing.

4. Bimbingan mentor atau Coach

Belajar secara otodidak, sama sekali tidak salah. Namun akan lebih bagus jika Anda menimba ilmu dari seorang internet marketer yang lain. Terutama mereka yang telah senior dan mengalami lebih dulu menjadi seorang marketer pemula.

Anda dapat mengambil pengalaman yang bernilai yang mendukung penjualan. Anda dapat mengambil pelajaran dari beberapa hal buruk yang dialami mentor sehingga tidak terulang.

5. Action (Talk Less Do More)

Paling penting dari menjadi seorang internet marketer yang andal adalah aksi. Banyaknya teori internet marketing yang Anda pelajari tidak akan berati tanpa praktik. Mengambil langkah pertama ini juga menjadi media bagi Anda untuk membuktikan langsung ilmu internet marketing yang Anda dapatkan.

Dengan demikian Anda dapat memilah bagian mana dari belajar internet marketing gratis untuk pemula yang harus Anda lakukan atau tinggalkan untuk mengembangkan bisnis Anda.