Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Blogging Tips / Langkah-langkah yang Saya Lakukan Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Langkah-langkah yang Saya Lakukan Untuk Meningkatkan Traffic Blog

Traffic bisa didefinisikan sebagai sejumlah orang yang mengunjungi website atau blog, halaman yang mereka lihat, dan durasi mereka melihat blog. Seberapa banyak traffic yang didapat juga menjadi tolak ukur seberapa populernya sebuah blog.

Traffic sangat dibutuhkan oleh sebuah blog, karena buat apa blog dibangun jika tidak ada yang melihat dan membaca. Bagi saya traffic juga menjadi penting untuk menyebarluaskan informasi dan manfaat dari konten yang saya berikan.

Hal lainnya yang membuat traffic menjadi penting adalah jika Anda membangun blog sebagai bisnis, maka tanpa adanya pengunjung bisnis Anda akan tenggelam dan menghilang.

Dengan betapa pentingnya traffic bagi keberlangsungan sebuah blog, lalu bagaimana cara saya agar bisa meningkatkan traffic blog ini ? berikut saya ulas langkah-langkah yang sebagian besar akan saya kerjakan. Karena sebagian telah saya kerjakan.

1. Meningkatkan traffic Non Organik

Sebagai info bahwa blog ini mendapatkan traffic sebagian besar bersumber dari mesin pencari. Namun traffic yang datang hanya bersumber dari beberapa kata kunci yang telah saya optimasi (katakanlah telah saya beri backlink).

Saya merasa bahwa masih banyak konten yang telah saya tulis namun belum bisa mendatangkan traffic dari search engine. Oleh karena itu, saya akan mencari sumber traffic lainnya yang Non Organik seperti iklan facebook dan list email agar beberapa konten yang telah saya buat bisa mendapatkan traffic.

2. Membuat lebih banyak konten yang berkualitas

Jika Anda selalu mengikuti update dari blog ini, Anda pasti tahu blog ini saya update setiap hari Rabu seminggu sekali. Apapun kondisinya, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memberikan konten yang bermanfaat tiap minggunya.

Namun sebagai langkah untuk meningkatkan jumlah traffic blog ini, saya berencana untuk menambah jadwal update postingan di blog ini menjadi 2 kali setiap minggunya.

Apakah sulit untuk saya ?

Saya rasa tidak, karena hal ini hanya tergantung dari manajemen waktu saya saja. Karena memang ada beberapa bisnis yang harus tetap saya kontrol dan jalankan.

Kemudian dalam rangka agar saya dapat membuat konten yang bermanfaat, maka saya akan meluangkan waktu untuk lebih banyak membaca atau mendengar permasalahan teman-teman dan pengunjung blog saya.

Karena jika konten yang saya berikan setidaknya dapat menyelesaikan masalah mereka khususnya yang terkait dunia blogging dan bisnis online, maka saya yakin traffic akan meningkat dengan sendirinya.

3. Join atau bergabung ke beberapa group FB dengan niche yang sama

Sesuai langkah pertama saya diatas, bahwa saya akan meningkatkan traffic Non organik, maka salah satu cara yang akan saya lakukan adalah bergabung ke beberapa group FB yang se-niche dengan blog saya.

Tidak hanya bergabung saja, saya juga akan lebih banyak sharing dan memberikan konten-konten yang bermanfaat tanpa “Jualan” terlebih dahulu. Atau sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan anggota group yang tentunya sesuai kapasitas saya bisa menjawabnya.

Karena dengan langkah ini, saya yakin traffic blog saya bisa meningkat seiring manfaat yang saya berikan di group.

4. Memperbaiki lagi faktor SEO On Page

Saya meyakini bahwa tidak akan ada yang sempurna saat saya mengerjakan sesuatu. Namun saya berusaha agar bisa lebih baik dari sebelumnya. Begitu pun saat saya membuat blog ini dan melakukan setting SEO On Page nya.

Beberapa faktor SEO On Page yang rencana akan saya perbaiki dalam blog ini adalah :

a) Menambahkan Image Alt sesuai kata kunci yang saya bidik. Karena setiap postingan blog ini, saya selalu memberikan ilustrasi sebuah gambar.

b) Mengevaluasi setiap meta tag, baik Tag Title, Description, dan Keyword. Apakah kata kunci yang saya bidik diawal saya membuat blog ini sudah efektif atau belum. Saran saya untuk Anda, evaluasi kata kunci utama yang Anda bidik setiap 3 bulan.

c) Menambahkan lebih banyak lagi Internal Link. Pada awalnya saya membuat internal link menggunakan bantuan sebuah plugin. Namun sudah beberapa minggu ini saya membuat manual internal link di blog ini.

Internal link sendiri adalah link dari sebuah postingan saya yang menuju ke postingan saya yang lainnya. Kenapa faktor ini penting ? karena dengan memperbanyak internal link, maka membuka peluang besar agar pengunjung membaca artikel saya yang lainnya, dan memperkecil nilai bounce rate blog ini.

5. Membuat artikel terbaik untuk Guest Posting di blog-blog terkenal

Menjadi Guest Blogger di blog-blog yang sudah terkenal, bagi saya merupakan salah satu cara paling ampuh dan tokcer untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan kredibilitas sebuah blog.

Untuk membuat artikel yang akan saya jadikan postingan tamu, saya mempunyai 2 cara. Membuat sendiri artikelnya atau dengan menyewa jasa penulis artikel.

Awalnya saya ingin membuat artikelnya sendiri, namun karena keterbatasan waktu, saya akan menggunakan jasa penulis artikel yang profesional.

6. Membuat lebih banyak ebook

Jika Anda bertanya bagaimana cara saya meningkatkan traffic dengan membuat ebook, maka saya akan jawab dengan mendapatkan pengunjung viral. Yes benar, artinya saya harus membuat ebook yang saya buat banyak dibaca orang dan menjadi viral.

7. Mendapatkan lebih banyak lagi Backlink yang berkualitas

Saya akan mengurangi mencari backlink yang tidak berkualitas. Karena bagi saya lebih baik mendapatkan sedikit backlink tapi berkualitas daripada banyak backlink namun tidak berkualitas.

Salah satu cara yang natural dan sangat disenangi oleh Google untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat konten yang bermanfat dan viral. Artinya biarkan konten saya viral dan menjadi rujukan oleh orang-orang dan secara sukarela menautkan linknya ke blog saya.

Itulah langkah-langkah yang akan dan telah saya lakukan untuk meningkatkan jumlah traffic blog ini. Dan prediksi saya, hasil dari langkah-langkah tersebut dapat saya rasakan dalam 3 bulan kedepan.

Semoga langkah-langkah diatas bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *