Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Tips Menulis / Latihan Sederhana Untuk Membantu Anda Menulis Lebih Baik

Latihan Sederhana Untuk Membantu Anda Menulis Lebih Baik

Jika Anda seorang blogger atau pebisnis online bahkan seorang internet marketer sekalipun, setiap harinya Anda tidak akan pernah lepas dengan kegiatan menulis.

Promosi di sosial media Anda menulis, membuat sales letter dengan menulis, dan jika Anda menekuni Email Marketing maka menulis menjadi keahlian wajib yang harus Anda miliki.

Jika Anda pemula yang mengalami kesulitan dalam menulis, baik menulis penawaran, sales letter, atau menulis ebook, Anda tidak perlu khawatir dan takut. Karena Anda tidak akan bisa menulis seperti JK Rowling. Maka solusi awalnya adalah Anda PEDE terlebih dahulu dengan tulisan Anda.

PD (Percaya Diri) adalah langkah awal untuk mulai membuat karya yang bagus. Karena kalau diri Anda saja tidak PD dengan hasilnya, maka kedepannya Anda akan selalu menemui kesulitan dalam menulis.

Dalam artikel kali ini, saya akan berikan beberapa latihan sederhana yang biasanya saya lakukan untuk membantu saya menulis lebih baik. Dan bisa Anda lakukan juga.

Latihan mengetik cepat di keyboard laptop atau PC Anda.

Dengan perkembangan teknologi dan software saat ini, saya yakin sudah jarang sekali kita menemukan orang-orang yang menulis secara konvensional (menulis dengan tangan menggunakan pulpen/pensil).

Bahkan penulis terkenal pun saat ini sudah menggunakan laptop untuk menulis karya-karyanya.

Dan saya yakin demikian juga dengan Anda, pastinya Anda lebih nyaman mengetik di laptop dengan MS. Office atau software lainnya.

Oleh karena itu dengan melatih jari-jari untuk mengetik, maka kegiatan menulis akan menjadi lebih efektif dan mendapatkan hasil yang cepat.

Cobalah latihan mengetik dengan 10 jari, bukan dengan 11 jari yah (paham kan maksudnya..) sudah banyak kok panduannya di Youtube.

Latihan menulis seperti Anda sedang berbicara.

Latihan sederhana ini menjadi salah satu latihan diawal-awal saya belajar menulis. Karena sebagai langkah awal untuk membuat karya tulis yang bagus, Anda bisa mulai untuk menulis semua yang ingin Anda bicarakan, apapun topiknya.

Soal kaidah dan tata bahasa bisa Anda koreksi nanti diakhir setelah tulisan Anda selesai. Yang penting buat saja dulu tulisan Anda, kata per kata, kalimat per kalimat hingga paragraf per paragraf.

Setelah jadi, Anda bisa mengevaluasi hasilnya sebelum di publikasikan. Bisa dengan memperbaiki tata bahasa atau mungkin ada yang harus dikurangi atau ditambahkan.

Latihan berkomentar di hasil tulisan orang lain.

Nah kok berkomentar sih?

Yes betul, karena dengan berkomentar di postingan atau artikel orang lain, setidaknya akan melatih Anda untuk mengungkapkan pendapat lewat tulisan.

Karena jika pendapat yang Anda tulis dapat dimengerti orang lain, maka bisa dikatakan tulisan Anda baik, karena Anda bisa membuat pembaca paham dari maksud yang ingin Anda sampaikan.

Mulailah latihan berkomentar dengan menuliskan pendapat yang Anda pikirkan atau Anda pahami.

saya pribadi setelah selesai membaca artikel dari blog orang lain yang saya suka, saya selalu memberikan komentar. Bisa untuk menyampaikan pendapat pribadi atau sekedar menambahkan pembahasan agar pembaca lebih paham lagi.

Seperti itulah beberapa latihan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda menulis lebih baik.

Tidak ada yang sempurna, karena yang peling penting adalah bagaimana karya tulis Anda bisa memberikan manfaat untuk pembaca.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *