Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Bisnis Online / Pengertian Produk PLR dan Cara Memanfaatkannya

Pengertian Produk PLR dan Cara Memanfaatkannya

Beraneka macam metode yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui internet, dan salah satu caranya adalah menggunakan produk PLR. PLR sendiri merupakan salah satu metode yang paling banyak digunakan para Internet marketer untuk menghasilkan uang. Lalu apa sebenarnya pengertian dari PLR sendiri, dan jika kita sudah tahu, langkah seperti apa yang bisa kita lakukan untuk bisa menghasilkan uang dengan PLR. Mari kita bahas.

Pengertian PLR

PLR sendiri adalah sebuah singkatan dari Private Label Rights atau Private Label Reseller Rights. PLR merupakan sebuah produk yang bisa berbentuk artikel, ebook, software, desain grafis, template, dan lain-lain yang mana si pembuat produk tersebut memberikan Hak Jual 100% sepenuhnya kepada anda bahkan memperbolehkan anda untuk me remake kembali hasilnya dengan nama anda. Artinya anda bisa mengganti produk tersebut dengan nama anda, dan menjualnya kembali dengan keuntungan 100% hak milik anda tanpa melanggar hak cipta.

Konsep PLR menjadi alternatif solusi bagi anda yang ingin menjual produk digital tapi tidak tahu bahkan tidak bisa membuatnya. PLR bisa anda manfaatkan dengan mengklaim produk tersebut milik dan karya anda tanpa melanggar hak cipta sama sekali.

Namun salah satu kendala terbesar pada produk PLR sendiri adalah penggunaan dan pemasarannya yang bersifat viral. Artinya banyak orang yang menggunakan produk tersebut. Terlebih lagi jika produk PLR  anda dapatkan secara cuma-cuma (gratis). Tanpa anda melakukan spin, atau edit pada produk tersebut akan timbul duplicate content, apalagi jika pemasaran konten tersebut anda fokuskan pada SEO, yang terjadi anda akan ditendang oleh Search Engine.

Jenis PLR

Pada umumnya ada 2 (dua) jenis produk PLR. Produk PLR yang bersifat gratis atau biasa, dan PLR berkualitas atau berbayar. Banyaknya orang yang menggunakan PLR biasa membuat harga jualnya pun akan semakin rendah. Lainnya halnya jika anda menggunakan produk PLR yang berkualitas.

Konsep Bisnis PLR

Pada dasarnya anda mengklaim produk PLR tersebut dengan merek anda sendiri dan menjualnya kembali dengan keuntungan 100% milik anda. Dan biasanya produk PLR yang dijual juga meliputi semua tools marketing yang diperlukan. Seperti Halaman Penjualan, Logo, banner, dan file-flie lainnya yang bisa anda edit.

Lalu, jika anda memiliki file-file produk PLR tapi belum bisa menghasilkan, mungkin karena anda belum tahu bagaimana cara memanfaatkan produk tersebut agar bisa menghasilkan. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan.

  • Jika anda memiliki produk PLR yang berupa artikel atau ebook, anda bisa menjadikannya sebagi email series yang anda kirimkan secara bertahap kepada semua list anda. Tentunya anda lakukan spin terlebih dahulu agar artikel terkesan “fresh”. Jika hal ini dilakukan anda tidak perlu pusing menuliskan email berseri kepada list anda.
  • Anda bisa spin kembali PLR anda dan men submit nya kembali ke beberapa article directory dan memberikan backlink terhadap blog atau website anda. Tentunya hal ini perlu ketelitian agar artikel tidak dianggap duplicate atau bahkan artikel jiplak.
  • Jika anda mempunyai beberapa produk artikel PLR yang memiliki topik yang sama, anda bisa menggabungkannya menjadi sebuah report berbentuk ebook dan menjualnya kembali, atau menjadikannya report gratis sebagai penunjang dari produk utama anda.
  • Jika anda mempunyai sebuah produk premium dengan situs membership, anda bisa menggunakan file PLR anda sebagai penunjang atau bonus tambahan untuk produk anda.
  • Yup, anda bisa menggunakan artikel PLR anda sebagai isi komentar dari setiap blog yang anda kunjungi. Tentunya harus relevan dengan topik. Dengan itu anda bisa meletakan backlink dari situ.
  • Jika anda memiliki blog berbahasa Indonesia, dan tidak memiliki ide untuk postingan, dan anda memiliki artikel PLR yang bebahasa inggris, anda bisa menterjemahkannya dan menjadikannya postingan berseri pada blog anda. Begitu juga sebaliknya.
  • Lalu jika anda memiliki produk PLR berbentuk Software atau themes, maka anda bisa menjadikannya sebagai materi tambahan atau gratis di situs membership anda.

Dimana anda bisa menemukan Produk-produk berlabel PLR ?

Anda bisa menemukannya melalui search engine seperti Google dengan mengetikan “Buy PLR” atau “Cheap PLR”.

Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *