Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Business Tools / Pentingnya To-Do List Dan Rencana Kerja Dalam Berbisnis Online

Pentingnya To-Do List Dan Rencana Kerja Dalam Berbisnis Online

Apa sih yang dimaksud dengan To-Do List itu ? lalu apa pentingnya To-Do List jika Anda adalah seorang pebisnis online.

Well, To Do List adalah adalah kegiatan untuk menuliskan daftar aktifitas atau kegiatan yang harus diselesaikan hari itu juga tergantung prioritas yang Anda tentukan.

Memang terkesan sepele namun bisa memberikan dampak positif untuk produktivitas seseorang.

Dalam buku To Do List : “From Buying Milk to Finding Soul Mate, What Our List Reveals About Usyang” yang ditulis oleh Sasha Cagen, kita bisa menemukan bahwa pada dasarnya semua orang bisa dan harus membuat To Do List. Bahkan menurut Sasha, sebuah To Do List dapat mencerminkan kepribadian orang yang menulisnya. Karena dari To Do List yang dibuat Anda bisa mengetahui hal-hal apa yang menjadi prioritas bagi orang tersebut. (sumber : Daily Sylvia).

Dalam kaitannya Anda sebagai pebisnis online, dimana Anda harus membuat dan melakukan sesuatu secara online, membuat To DO List sangatlah penting untuk membantu memproyeksikan semua rencana Anda.

Lalu kenapa Anda harus membuat To Do List mulai dari sekarang ?

  1. Mencatat membuat Anda “ingat”
    Dengan mencatat semua kegiatan yang harus Anda lakukan dalam sebuah To Do List, maka akan mengasah otak untuk selalu mengingat “rutinitas” Anda sehari-hari. Dengan mengingat rutinitas Anda, maka akan memunculkan sebuah “Habbit” baru untuk Anda.
  2. Membuat “Planning” Anda terstruktur rapih.
    Planning adalah membuat Goal Abstract menjadi Concrete Work. Dengan membuat To Do List, secara tidak langsung Anda membuat “Peta Rencana” yang terorganisir dengan baik.
  3. Belajar manajemen waktu.
    Dalam To Do List yang dibuat, Anda dapat menentukan skala prioritas dari sisi waktu penyelesaian untuk setiap kegiatan yang telah direncanakan. Dengan ini akan membuat Anda lebih disiplin dan mempersiapkan hal-hal yang mungkin saja terjadi.
  4. Lebih Fokus
    Yes, benar. Dengan membuat To Do List akan membantu otak Anda agar lebih fokus pada setiap rencana kerja yang telah dibuat. Dan dengan itu, Anda dapat menyusun program rencana kerja secara rapih, melatih disiplin, dan tepat waktu.

Berikut Tips yang perlu Anda lakukan dalam membuat To Do List yang efektif dan rapih.

  • Buatlah To Do List minimal untuk kegiatan Anda satu minggu kedepan. Atau lebih baik jika Anda bisa membuat rencana kerja Anda selama 1 bulan kedepan.
  • Urutkan tugas atau kegiatan berdasarkan prioritas. Hal ini perlu agar waktu yang Anda guanakan lebih efektif.
  • Buat perkiraan waktu selesai dari setiap kegiatan dalam To Do List. Karena hal ini akan mempersiapkan Anda pada setiap kemungkinan yang terjadi.
  • Miliki buku khusus To Do List atau Weekly/Monthly Planner, bukan buku tulis biasa pada umumnya. Karena pengalaman saya akan sangat membantu Anda dalam membuat To Do List yang rapih.
  • Gunakan metode Checklist. Ya, Anda bisa membuat To Do List dengan format ‘Checklist” agar Anda dapat mengontrol dan mengevaluasi setiap kegiatan Anda, apakah sudah dilakukan atau belum.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, membuat To DO List bisa menjadi sangat mudah dengan bantuan beberapa aplikasi yang bisa diinstal di smartphone Anda.

  1. Wunderlist (iOS, Android, Windows 10, Web)
  2. Microsoft To-Do (Android, Windows 10, iPhone)
  3. Todoist (Windows 10, Andorid, iPhone)
  4. SplenDo (Android)

Sebuah pepatah mengakatakan :
“Jika Anda Gagal Dalam Merencanakan, Maka Sama Saja Anda Merencanakan Untuk Gagal”
-Anonymous-

Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *