Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Self Management & Motivasi / “Delaying Gratification” Skill Penting Untuk Anda Miliki Dalam Berbisnis.

“Delaying Gratification” Skill Penting Untuk Anda Miliki Dalam Berbisnis.

Dalam berbisnis baik offline maupun online, ada salah satu skil yang wajib Anda miliki dan dilatih secara rutin. Apa itu ? “Delaying Gratification”

Delaying Gratification adalah skil pengendalian diri agar fokus pada tujuan.

Pada tahun 1968, seorang psikolog dari Stanford University Walther Michel membuat sebuah eksperimen kepada ratusan anak-anak, eksperimen ini disebut “Marsmallow Test”

Satu persatu dari anak-anak tersebut duduk sendirian didalam sebuah ruangan dan dihadapannya ada sebuah “marsmallow” yang sangat menggoda khususnya untuk anak-anak seperti mereka.

Sang psikolog menjanjikan mereka akan mendapatkan 2 marshmallow, jika mereka kuat untuk tidak memakan marshmallow yang ada dihadapannya sampai psikolog tersebut datang kembali ke ruangan.

Alhasil, banyak sekali dari anak-anak tersebut tergoda dan memakan marsmallow yang manis dihadapannya.

Namun tidak sedikit pula dari anak-anak tersebut bertahan demi mendapatkan 2 marshmallow yang dijanjikan.

Dari hasil ekseprimen tersebut, anak-anak yang tergoda dengan sebuah marsmallow saat dewasa ternyata agak sulit untuk mengendalikan emosinya.

Lain halnya dengan anak-anak yang sabar bertahan untuk mendapatkan 2 marshmallow yang dijanjikan, anak-anak tersebut saat dewasa memiliki kemampuan pengendalian diri yang cukup baik atau “Self Control.”

Manusia dalam mengambil keputusan akan dipengaruhi oleh 2 sistem :

  1. Impulsive System (sistem panas)
  2. Reflective System (sistem dingin)

Impulsive system akan mempengaruhi Anda dalam mengambil keputusan dengan pertimbangan “emosional” semata, spesifiknya menggunakan perasaan tanpa mempertimbangkannya kembali.

Sedangkan Reflective System lebih mengutamakan rasionalitas dan pemikiran jangka panjang dalam mengambil segala keputusan. Ini yang penting, karena Anda tidak akan mudah tegoda dengan godaan untuk kesenangan jangka pendek.

Artinya, dengan memiliki skil “Delaying Gratification” Anda akan lebih mudah dan rasional untuk mengatur prioritas, mana yang harus didahulukan. Cari traffic yang banyak, atau membangun pondasi bisnisnya terlebih dahulu.

Dalam Self Control, kuncinya sederhana. Bayangakan efek buruk yang akan didapat atau membayangkan manfaat besar untuk jangka panjang nantinya. Dengan ini Anda akan lebih mudah mengontrol diri.

Sama halnya dalam berbisnis, jika Anda memiliki kemapuan self control yang baik, maka Anda bisa membuat skala prioritas dari setiap rencana kerja Anda dengan pertimbangan yang matang dan penuh rasionalitas tanpa bawa-bawa perasaan.

Seorang psikolog terkenal asal Amerika, memberikan beberapa tips simpel bagaimana Anda bisa melatih dan mengasah skil ini.

1. Tidur yang cukup

Tidak perlu banyak begadang hanya untuk mengejar deadline kerjaan atau target penjualan Anda.

2. Jaga kerapihan

Meletakkan segala sesuatu pada tempatnya merupakan habit simpel yang akan melatih Anda untuk lebih terorganisir dan terencana. Mulailah dari barang-barang yang ada dikamar Anda dengan meletakkan secara rapih dan teratur.

3. Jalan-jalan di Alam bebas.

Sesekali tubuh dan otak kita juga perlu untuk di-restart. Salah satu tips yang anjurkan adalah dengan menikmati alam bebas seperti pegunungan atau pedesaan. Cobalah!

4. Latih Kreativitas

Salah satu caranya adalah dengan sering mencoba menyelesaikan beberapa Puzzle atau kuis untuk terus mengasah kemampuan berpikir agar kreativitas meningkat.

5. Doodling / Corat-Coret

Bingung ? Gelisah ? atau sedang senang? Anda bisa meluapkannya dengan mencorat-coret buku atau kertas. Corat-coret disini bukan hanya coretan tidak jelas, melainkan Anda bisa menuliskan keinginan terbesar atau mungkin masa depan Anda.

Ohya, satu hal lagi. Salah satu cara agar Anda lebih fokus dengan manfaat jangka panjang daripada jangka pendek adalah dengan “Bersyukur”

Buatlah sebuah “Gratitude Journal” dengan menuliskan hal-hal yang paling Anda syukuri saat ini dalam sebuah buku agar membuat Anda lebih sabar dalam menjalani hidup.

Semoga bermanfat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *