Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Dasar Ngeblog / Saya Ganti Theme Blog ini. Tips untuk Anda Jika Ingin Mengganti Theme Blog WordPress

Saya Ganti Theme Blog ini. Tips untuk Anda Jika Ingin Mengganti Theme Blog WordPress

Setelah 8 bulan lamanya menggunakan Gonzo WP Theme di blog saya ini, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti theme blog ini.

Banyak sekali pertimbangan dan analisa yang saya lakukan sebelum mengganti theme. Mencari themes yang sesuai dengan kebutuhan,  juga mencari informasi terkait mitos-mitos yang mungkin terjadi setelah mengganti theme, khususnya untuk platform WordPress.

Ada beberapa alasan kenapa saya memutuskan untuk mengganti theme blog ini :

  1. Agar terlihat lebih fresh
  2. Saya tidak memungkiri bahwa salah satu tujuan blog ini saya buat adalah untuk membangun Personal Branding. Dengan mengganti theme saya berharap proses Branding bisa semakin kuat.
  3. Theme sebelumnya (Gonzo) belum mendukung tujuan saya membangun blog ini.

Setelah mencari informasi di berbagai forum, akhirnya saya menemukan satu theme yang menurut saya theme ini dapat mendukung tujuan/goal saya dalam membangun blog ini.

ADMania WordPress Theme..
Mau lihat demonya disini

Theme ini sangat cocok bagi Anda pemain Adsense dan Affiliate. Karena theme ini memang didesain dengan fitur Ads Optimized.

Lalu kenapa saya memilih menggunakan theme Admania ?

  1. Banyaknya variasi model layout
  2. Mobile friendly
  3. Responsive theme
  4. SEO friendly
  5. Fast Page Load
  6. Harga yang masih bersahabat
  7. Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya

Jika berminat, Anda bisa cek selengkapnya disini >> https://themeforest.net/item/admania-best-ad-optimized-wordpress-theme-for-adsense-affiliate-enthusiasts/18194026?s_rank=3

Itulah sekilas beberapa alasan saya mengganti theme blog ini.

Lalu muncul pertanyaan, apakah ada dampak baik positif maupun negatif jika kita mengganti theme yang sudah lama digunakan dengan theme yang baru ?

Untuk blog dari layanan blogger atau blogspot, karena saya bukan pengguna blogger, maka saya mencari informasi dari berbagai sumber, dan menyimpulkan bahwa mengganti theme secara berkala sekalipun tidak akan memberikan dampak besar, selama blog sudah terdaftar di Google Webmaster Tools.

Sedangkan untuk WordPress sendiri, berdasarkan pengalaman saya sedikit banyaknya akan memberikan dampak, khususnya trafik/pengunjung.

Terlebih lagi jika Anda sering bahkan secara berkala mengganti theme WP Anda. Hal ini akan sangat berdampak besar.

Setidaknya ada beberapa dampak yang akan terjadi jika mengganti theme blog wordpress Anda, terlebih jika theme sebelumnya sudah cukup lama digunakan.

  1. Kemungkinan adanya “ERROR” baik internal maupun eksternal
  2. Setidaknya trafik akan mengalami penurunan walau tidak signifikan pengalaman saya, dan bisa saja butuh waktu lama untuk kembali seperti semula.
  3. Adanya kemungkinan turun peringkat atau rangking di mesin pencari.

Dan untuk mengatasi dampak-dampak diatas yang mungkin saja terjadi, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan :

  1. Re-submit (mensubmit ulang) sitemap blog Anda ke Google Webmaster Tools. Langkah ini dilakukan untuk menginformasikan Robot Google agar melakukan indexing ulang ke blog Anda.
  2. Cek kembali secara teliti apakah terdapat link yang rusak (broken link) sesaat setelah mengganti theme blog Anda. Langkah ini bisa dilakukan dengan bantuan sebuah Plugin seperti “Broken Link Checker”.
  3. Mengecek kembali pengaturan Meta Tag blog Anda, baik tag title, description, ataupun keyword. Apakah terdapat perubahan atau bahkan menghilang.
  4. Jika diperlukan tambahkan beberapa plugin yang sekiranya dapat bermanfaat untuk proses recovery blog Anda setelah mengganti theme, seperti : Plugin SEO, WP super Cache, dan SEO Smart Internal Link. Plugin-plugin tersebut setidaknya dapat memperbaiki kembali SEO On Page blog Anda.
  5. Terkahir sebagai langkah awal sebelum mengganti theme, Anda bisa melakukan Backup terlebih dahulu isi dari keseluruhan blog Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah masalah teknis yang mungkin saja terjadi.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan jika Anda memutuskan untuk mengganti theme blog WordPress Anda.

“Jika dirasa alasan mengganti theme blog wordpress Anda tidak terlalu Urgent, maka saya sarankan untuk tidak melakukan penggantian. Namun sebaliknya, jika setelah dianalisa alasan Anda sangat penting dan bisa berdampak positif terhadap blog Anda, maka segera lakukan penggantian. Sambil menunggu menemukan theme yang tepat untuk blog Anda.”

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika memutuskan untuk mengganti theme blog Anda. Terpenting adalah analisa terlebih dahulu apakah dengan mengganti theme blog wordpress Anda akan memberikan dampak positif atau tidak.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *