Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Home / Facebook / Tips Untuk Menghemat Biaya Iklan Facebook

Tips Untuk Menghemat Biaya Iklan Facebook

Salah satu kelebihan melakukan promosi dengan menggunakan iklan facebook adalah Anda dapat menentukan sendiri biaya dan budget iklan yang dikeluarkan.

Sistem Facebook akan menyesuaikan jumlah penayangan iklan sesuai dengan budget yang telah Anda atur.

Anda dan semua pengiklan lainnya pasti memiliki tujuan yang sama, dimana biaya iklan yang telah dikeluarkan bisa memberikan hasil yang maksimal dan sesuai harapan.

Namun tidak sedikit pula para pengiklan baru atau newbie yang sudah mengeluarkan biaya atau budget iklan yang tidak sedikit namun hasilnya tidak sepadan, alias BONCOS..

Untuk dapat memberikan hasil yang maksimal dengan biaya iklan yang Anda keluarkan se-efesien mungkin, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Tentukanlah target penjualan Anda terlebih dahulu

Waah… iklan saya engagementnya tinggi. (jumlah like, share, dan comment banyak).

Namun yang jadi pertanyaan, apakah penjualan Anda sudah sesuai target atau belum ? apakah konversi yang dihasilkan oleh iklan Anda sudah sesuai harapan atau belum ?

Inilah kesalahan pemahaman bagi sebagian besar advertiser (pengiklan). Mereka merasa puas jika interaksi yang terjadi pada iklannya banyak. Padahal konversi atau penjualan yang didapatkan belum sesuai target, bahkan zero result.

Karena hal inilah yang membuat investasi biaya iklan Anda akan menjadi sia-sia.

Sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu berapa target penjualan Anda, atau berapa banyak leads yang harus didapat dari iklan Anda.

Dengan menentukannya diawal, maka Anda dapat membuat “Budgeting Planning” untuk iklan Anda. Artinya Anda bisa menentukan dengan biaya iklan segini, penjualan Anda harus mencapai sekian dan seterusnya.

Membidik target audience iklan Anda lebih spesifik

Setelah Anda menentukan target penjualan dan budget iklan yang akan dikeluarkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat dan menjalankan iklannya.

Salah satu kelebihan beriklan di facebook adalah Anda dapat menentukan sendiri target audience untuk iklan Anda berdasarkan demografi, interest, umur, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya iklan yang se-murah mungkin, Anda harus men-targetkan lebih spesifik siapa orang yang akan menerima iklan Anda.

Salah satu cara untuk membuat target iklan Anda lebih spesifik adalah dengan menentukan umur dan interest yang benar-benar sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Contoh :

Produk Anda : Sepatu Futsal atau Sepatu sepak bola

Agar lebih spesifik, maka target audience Anda adalah :

Umur               : 19 – 30 tahun
Lokasi              : daerah yang dekat dengan Lapangan futsal atau daerah perkantoran
Interest           : Sepatu merek Adidas, Puma, Specs, dsb. Yang menyukai club sepakbola, atau club tertentu.

Target diatas, hanya contoh.

Mentargetkan ulang iklan Anda (Re-Targeting Ads)

Salah satu cara untuk menghemat biaya iklan Anda dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan mentargetkan iklan Anda ke orang-orang yang memang sudah pernah melihat iklan Anda sebelumnya namun belum ada action apapun.

Dengan melakukan Re-targeting Ads, maka akan memperbesar peluang konversi yang terjadi. Kenapa ? karena secara psikologis mereka jarang tertarik jika hanya sekali melihat saja.

Sebaliknya, jika iklan Anda dilihat terus oleh mereka yang pernah melihat sebelumnya, maka secara perlahan akan memunculkan rasa penasaran dan ketertarikan.

Dan teknik ini akan membuat konversi yang terjadi pada iklan Anda semakin besar, sehingga membuat biaya iklan yang Anda keluarkan lebih efektif dan tidak sia-sia.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran biaya promosi Anda. Prinsipnya adalah dengan iklan yang se-minim mungkin mendapatkan hasil yang se-maksimal mungkin.

Semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *